Ini Cara Menyadarkan Orang Pingsan

Gambar cara membuat sadar dengan menolong orang pingsan

Pojokmedia.com - Pingsan sering terjadi pada banyak orang. Umunya masalah yang menyebabkan seseorang pingsan adalah kondisi fisik yang lemah dan tidak kuat dengan aktivitas yang dia lakukan. Pingsan juga bisa disebabkan karena beberapa sebab yaitu misalnya kekurangan darah, mabuk kendaraan dsb. Kondisi tubuh terlalu capek dan kekurangan cairan tubuh juga bisa menyebabkan seseorang menjadi pingsan.

Lalu bagaimana cara menyadarkan orang pingsan?, Pojok media kali ini akan bagikan tips dan cara menangani orang pingsan.

Ketika melihat teman atau orang lain yang pingsan janganlah panik. Sering terjadi seseorang menjadi panic ketika melihat disebelahnya ada teman yang pingsan. Akibat kepanikan itu justru akan membuat Anda tidak bisa berbuat apa-apa untuk melakukan pertolongan pertama kepada orang yang pingsan karena pikiran Anda sudah diliputi kepanikan dan ketakutan. Jadi tenanglah dan segera lakukan pertolongan.

Pertolongan pertama adalah baringkan penderita dengan suasana rileks, kendorkan ikat pinggang jika mengenakan dan buka jilab jika wanita, dan buka sepatu dan kaos kakinya.

Untuk menyadarkan orang pingsan oleskan minyak kayu putih atau gerusan bawang merah di dekat hidungnya. Bau yang menyengat akan membuat penderita segera sadar.

Ketika sadar mungkin penderita masih lemas dan kurang tenaga, maka berilah minum air putih dan pijit-pijit bagian telapak tangan dan kaki agar aliran darahnya kembali lancar.

Label: ,