Pengumuman Ballon D’Or 2013, Siapa Pemenangnya?

Pemain sepak bola terbaik dunia versi FIFA Ballon D’Or 2013
POJOK MEDIA - Penghargaan individual untuk pemain sepak bola terbaik dunia versi FIFA Ballon D’Or 2013 sebentar lagi akan di umumkan. Pengumuman akan dilaksanakan di  Zurich Kongresshaus pada 13 Januari 2014 ini.

Gelaran ballon d’or tahun ini terasa lebih menarik dan membuat semua orang  penasaran. Ini disebabkan karena ketatnya persaingan diantara kandidat kuat yang dijagokan bakal meraih trofi Ballon D’Or 2013.
Pada 29 Oktober tahun lalu Komite Sepakbola FIFA, bersama dengan pengamat sepakbola dari France Football, sudah mengumumkan 23 nama pemain yang masuk dalam daftar kandidat peraih Ballon d'Or 2013.

Ada banyak kandidat pemain yang muncul. Namun, Kelompok ini kemudian mengurangi daftar tersebut menjadi hanya tiga kandidat juara di pekan kedua pada bulan Desember, yaitu Cristiano Ronaldo, Franck Ribery dan Lionel Messi.

Di 3 tahun sebelumnya dimana Leonel Messi telah secara beruntun menyabet penghargaan ini. yaitu ballon d’or tahun 2010, 2011, dan 2012. Namun sepertinya akan berbeda di tahun 2013 ini. tercatat messi kurang tampil baik di tahun 2013 lalu. Selain masalah cedera yang dialaminya messi juga kalah bersaing dari dang rival Cristiano Ronaldo dari produktivitas gol.

Sementara itu Cristiano Ronaldo mencatatkan penampilan yang luar biasa di Club Real Madrid dan di Timnas Portugal. Di tahun 2013 Ronaldo jga dinobatkan sebagai raja Hattrick.

Franck Ribery yang dengan kontribusinya berhasil mengantarkan Bayern Munchen meraih treble winner di tahun lalu menjadi salah satu kandidat dan pesaing kuat baik bagi Cristiano Ronaldo ataupun Messi.

Bamyak kalangan yang mejagokan Franck Ribery sebagai yang berhak menerima Ballon D’Or 2013, namun banyak pula dukungan dan menjagokan Cristiano Ronaldo lah yang pantas menerima gelar pemain terbaik dunia dan menggondol trofi Ballon D’or 2013.

Selain Ballon D'Or, juga akan ada sejumlah penghargaan yang akan diberikan kepada sejumlah orang yang layak mendapatkannya, seperti Pelatih Terbaik Tahun 2013 untuk kategori tim pria, Pemain Terbaik Tahun 2013 untuk kategori wanita, Pelatih Terbaik Tahun 2013 untuk kategori tim putri, Penghargaan Presidensial FIFA, Penghargaan Fair Play dan Penghargaan Puskas FIFA.

Untuk Pelatih Terbaik Tahun 2013, kandidatnya ada tiga, mantan pelatih Bayern Jupp Heynckes, pelatih Borussia Dortmund Jurgen Klopp dan mantan arsitek Manchester United Sir Alex Ferguson. Prestasi mereka, dua pelatih pertama sukses mengantar timnya ke babak final Liga Champions dan bersaing sengit di kompetisi domestik, sementara Sir Alex membawa United menjadi juara sebelum memutuskan pensiun.

Nadine Angerer, Marta dan Abby Wambach menjadi tiga kandidat peraih penghargaan Pemain Terbaik 2013 dari kategori wanita. Marta sejauh ini menjadi pemain yang paling sering mendapatkan penghargaan tersebut di lima kesempatan.

Arsitek timnas putri Swedia Pia Sundhage, bos timnas Jerman Silvia Neid dan pelatih tim putri Wolfsburg Ralf Kellermann menjadi orang yang bersaing untuk penghargaan Pelatih Terbaik 2013 di kategori tim putri.

Dan akhirnya Zlatan Ibrahimovic, Nemanja Matic dan Neymar bersaing untuk mendapatkan penghargaan Puskas FIFA lewat gol terbaik 2013, sementara Skuat terbaik FIFA/FIFPro 2013 juga akan diumumkan.
Sumber : goal.com/id-ID

Mari kita tunggu saja, bagaimana hasilnya besok. Siapapu yang menjadi pemenang tentu itulah yang paling pantas untuk menerima penghargaan tersebut. Semoga FIFA bersikap Objektif dalam melakukan pergelaran ini.

Label: , , ,