Mengenal Tarian Roro Anteng dan Joko Seger Jawa Tengah

sejarah kisah tari roro anteng dan joko seger jawa tengah

POJOKMEDIA.COM - Jawa Tengah dan DI Yogyakarta bisa dibilang merupakan pusat kebudayaan Jawa. Terbukti bahwa kebudayaan jawa muncul dan berkembang dari dua provinsi ini yaitu Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

Khususnya jawa tengah selain kebudayaan dan kesenian lain seperti ketoprak, kesenian yang tidak boleh kita lupakan yaitu seni tari. Banyak karya seni tari yang muncul dan berkembang di jawa tengah, diantaranya yang terkenal dan memiliki sejarah filosofi tinggi yaitu tarian roro anteng dan joko seger.

Tarian yang mengisahkan perjalanan waktu dari mulai bertemunya Roro Anteng yang merupakan putrid dari Prabu Brawijaya dengan Garwa Padmi, raja terahir Majapahit, yang terkenal berwajah ayu rupawan dengan seorang Senopati berdarah Brahmana yang bernama Jaka Seger.

Mereka pun menikah. Namun pernikahan mereka yang sudah berlangsung lama belum juga dikaruniai keturunan. Mereka bertapa di Watu Kuta yang menghadap gunung Bromo. Setelah lama bertapa, maka terdengarlah suara gaib yang mengatakan bahwa bila kelak mereka dikaruniai keturunan, salah seorang dari keturunan mereka akan dijadikan korban persembahan ke kawah Gunung Bromo.

Dari cerita singkat diatas jelas bahwa tari Roro Anteng dan Joko Seger mengandung cerita dibalik kisah Putri Roro Anteng dan Joko Seger mulai dari awal bertemu dan hingga membina rumah tangga. Ini kesenian tradisional yang tidak bisa kita lupakan. Ini adalah warisan sehingga sebagai generasi muda kita harus melestarikannya.

Label: , ,