10 Bukti Kehebatan Dan Prestasi Kopassus Yang Membuat Negara Lain Ngeri

POJOKMEDIA.COM; Banyak bukti kehebatan dan prestasi pasukan elite kopassus yang diakui dunia dan membuat negara-negara lain ngeri serta ketakutan - Kopassus adalah pasukan khusus atau istilah lainya yaitu pasukan elite yang menjadi bagian dari Komando Utama (KOTAMA) tempur yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat, Indonesia. Kopassus memiliki segudang prestasi dan dinobatkan sebagai pasukan khusus terbaik di dunia nomor 3 fersi Discovery Channel Military.


Indonesian Kopassus adalah pasukan elit Indonesia yang kehebatannya sudah diakui di dunia.


Gambar Aksi tempur kopassus TNI AD IndonesiaGambar Aksi demonstrasi pasukan elite Kopassus Indonesia
Kopassus juga sangat disegani di dunia karena berhasil mengukuhkan keberadaannya sebagai pasukan khusus yang mampu menangani tugas-tugas yang berat. Beberapa operasi yang dilakukan oleh Kopassus diantaranya adalah operasi penumpasan DI/TII, operasi militerPRRI/Permesta, Operasi Trikora, Operasi Dwikora, penumpasanG30S/PKI, Pepera di Irian Barat, Operasi Seroja di Timor Timur, operasi pembebasan sandera di Bandara Don Muang-Thailand (Woyla), Operasi GPK di Aceh, operasi pembebasan sandera di Mapenduma, operasi pembebasan sandera perompak Somalia, serta berbagai operasi militer lainnya. Dikarenakan misi dan tugas operasi yang bersifat rahasia, mayoritas dari kegiatan tugas daripada satuan Kopassus tidak akan pernah diketahui secara menyeluruh. Contoh operasi Kopassus yang pernah dilakukan dan tidak diketahui publik seperti: Penyusupan ke pengungsi Vietnam di pulau Galang untuk membantu pengumpulan informasi untuk di kordinasikan dengan pihak Amerika Serikat (CIA), penyusupan perbatasan Malaysia dan Australia dan operasi patroli jarak jauh (long range recce) di perbatasan Papua nugini.
Gambar Latihan tempur pasukan khusus kopassus 

 Pembebasan Sandera yang dilakukan oleh Kopassus

Prestasi-prestasi Kopassus dan kehebatannya yang berhasil diketahui dan diakui dunia.

  1. Membebaskan para peneliti Ekspedisi Lorentz ’95 yang disandera Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Mapenduma, Papua, tahun 1996. Operasi ini dipimpin oleh Komandan Jenderal Kopassus Prabowo Subianto. Sayangnya 2 dari 11 sandera telah ditemukan tewas.
  2. Membebaskan penumpang pesawat Garuda Indonesia yang disandera lima orang teroris “Komando Jihad” pada tahun 1981. Pembajakan pesawat Garuda ini dikenal dengan Peristiwa Woyla. Dalam penerbangan rute Jakarta-Palembang-Medan itu, lima teroris menyamar sebagai penumpang. Pembajakan pesawat ini berlangsung selama empat hari di Bandara Don Muang, Bangkok, Thailand, dan berakhir dengan serbuan Grup 1 Kopassus yang dipimpin Letnan Kolonel Infantri Sintong Panjaitan. Pilot pesawat Kapten Herman Rante dan salah satu anggota Kopassus, tewas dalam baku tembak pembebasan sandera.
  3. Pada perang Vietnam, para tentara Vietkong meniru strategy KOPASSUS dalam berperang melawan Amerika Serikat yang mengakibat kan kekalahan Pasukan Amerika yang mempunyai persenjatan canggih dan lengkap. Kekalahan ini membuat Amerika serikat malu di mata dunia.
  4. Negara-negara afrika utara hingga barat sekarang memiliki acuan teknik pembentukan dan pelatihan pasukan elite mereka. 80% pelatih mereka dari perwira-perwira Kopasus.
  5. Kopasus juga juara satu sniper dalam pertemuan Pasukan Elite Asia Pasific Desember 2006. Dengan hanya mengandalkan senjata buatan Pindad(INDONESIA)! Nomor 2-nya SAS Australia.
  6. Kopassus berhasil menjejakkan kaki di puncak tertinggi Everest pada tahun 1997. Indonesia pun menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang menginjak puncak tertinggi Everest. Untuk pertama kalinya juga, bendera Merah Putih berkibar di puncak Everest, gunung tertinggi di dunia yang berlokasi di kawasan Himalaya.
  7. Kopasus menempati urutan 2 (dari 35) dalam hal keberhasilan dan kesuksesan operasi militer (intelijen – pergerakan – penyusupan – penindakan) pada pertemuan Elite Forces in Tactical, Deployment and Assault di Wina Austria. Nomor satunya Delta Force USA.
  8. Kopassus dinobatkan Discovery Channel Military sebagai pasukan elit terbaik ketiga di dunia setelah Special Air Service (SAS) Inggris dan Mossad Israel pada tahun 2008.
  9. Kehebatan dan keperkasaan kopassus juga membuatnya dipercaya untuk melatih pasukan-pasukan elite di Negara lain. Pasukan Paspampres Kamboja adalah pasukan Elit yang di latih oleh Kopassus.
  10. Kopassus adalah Pasukan elite terbaik yang dimiliki TNI dari sekian banyak pasukan khusus di yang dimiliki Indonesia. Namun, dari sisi lain, pasukan elite TNI lainya juga merupakan pasukan khusus yang hebat dan patut diperhitungkan.

gambar Peragaan beladiri TNI Indonesia

gambar Penampilan prajurit pasukan khusus dalam bertarung membela diri dari musuh dengan tangan kosong


Itulah bukti kehebatan dan segudang prestasi yang diraih Komando Pasukan Khusus Indonesia – Kopassus. Semoga info ini dapat bermanfaat dan membuat Anda semakin cinta dengan Indonesia.

Label: