Kehebatan Paspampres Indonesia Membuat Gentar Negara Lain

POJOKMEDIA.COM; Paspampres atau kepanjangannya yaitu Pasukan Pengamanan Presiden merupakan pasukan khusus yang terdiri dari prajurit terbaik yang diseleksi dan dilatih khusus guna mengawal dan menjaga keselamatan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia termasuk juga anggota keluarga Presiden.

Gambar Pasukan Paspampres Terbaik Indonesia

Kemampuan Paspampres Indonesia sudah tidak diragukan lagi, mereka memiliki skill yang mumpuni dan dilengkapi dengan persenjataan khusus sehingga tidak diragukan lagi kualitas atau kehebatan Paspampres saat bertugas mengawal Presiden.

Gambar Paspampres melakukan barisan perlindungan guna mengamankan presiden


Anggota Paspampres diambil dari beberapa pasukan khusus di Indonesia. Karena memiliki tugas dan tanggung jawab besar yaitu mengamankan presiden, Pasukan ini dipilih dan diseleksi ketat serta dilatih khusus. Paspampres terdiri dari personel terbaik dari sejumlah kesatuan TNI seperti Komando Strategis Angkatan Darat (Kostrad), Komando Pasukan Khusus (Kopassus), dan Bravo dari TNI Angkatan Udara yang tersebar di seluruh Indonesia.

Ada beberapa kategori pemilihan dalam pemilihan Paspampres, mulai dari kesehatan, psikologi, kemampuan fisik, kemudian keterampilan menembak, berenang, kemampuan lari, Ilmu bela diri, serta keterampilan mematahkan dan mematikan lawan. Jadi jelas bahwa Paspampres adalah pasukan terbaik TNI. Hal inilah yang membuat Paspampres Indonesia disegani dan membuat ngeri Negara-negara lain.

Unsur-Unsur dan Komposisi Paspampres

  1. Unsur Pimpinan Komandan dan Wakil Komandan.
  2. Unsur Pembantu Pimpinan terdiri dari Inspektorat, Staf Perencanaan, Staf Intelejen , Staf Operasi, Staf Personel dan Staf Logistik.
  3. Unsur pelayanan tediri dari Pekas , Sekretariat dan Detasemen Markas.
  4. Unsur Badan pelaksana terdiri dari Densi, Denkomlek, Denkes, Denpal, Denbekang dan Pusdalops.
  5. Unsur pelaksana terdiri dari : Grup A, berkekuatan 4 detasemen, melaksanakan pengamanan fisik jarak dekat terhadap Presiden RI beserta keluarganya. Grup B, berkekuatan 4 detasemen, melaksanakan pengamanan fisik jarak dekat terhadap Wakil Presiden RI beserta keluarganya. Grup C, berkekuatan 2 detasemen melaksanakan pengamanan fisik jarak dekat terhadap tamu negara dan keluarganya, serta 1 detasemen latihan bertugas melatih dan membina kemampuan personel Paspampres. Batalyon Pengawal dan Protokoler Kenegaraan. Skuadron Kavaleri Panser. Detasemen Musik (Densik).

Tugas Pokok Dan Fungsi Paspampres

Tugas Pokok

Paspampres bertugas pokok melaksanakan pengamanan fisik langsung jarak dekat setiap saat dan dimanapun berada kepada Presiden RI, Wakil Presiden RI, dan Tamu Negara setingkat Kepala Negara/Pemerintahan beserta keluarganya, serta tugas protokoler khusus pada upacara-upacara kenegaraan yang dilakukan baik di lingkungan Istana Kepresidenan maupun di luar linngkungan Istana Kepresidenan dalam rangka mendukung tugas pokok TNI.

Fungsi

Sumber : http://paspampres.mil.id/sejarah/paspampres

Gambar Aksi hebat Paspampres Indonesia



Persenjataan Paspampres

Gambar Aksi Paspampres melakukan serangan dan pertahanan pengamanan

Paspampres dilengkapi dengan sejata khusus dan terbaik. Hal ini untuk menjamin pengamanan Presiden dengan kualitas terbaik. Persenjataan yang digunakan oleh Paspampres terdiri dari sejata laras panjang, senjata laras pendek, Pistol, mobil anti terror, kendaraan baja, Alat komunikasi dan lainya.

Itulah sedikit penjelasan tentang Pasukan Pengaman Presiden Indonesia yaitu Paspampres yang kehebatan dan kredibilitasnya sudah tidak diragukan lagi.

Label: