7 Nama Ilmuwan Dan Filsuf Muslim Terkenal Di Dunia

POJOKMEDIA.COM; Banyak Ilmuwan Muslim dan filsuf Islam yang berhasil berjasa dalam perkembangan Ilmu Pengetahuan dunia. Mereka berhasil membuat penemuan-penemuan penting yang ahirnya memberikan manfaat bagi dunia SAINS dan peradaban manusia.

Dari sekian banyak ilmuwan dan filsuf muslim, sedikitnya ada tujuh nama filsuf muslim yang paling terkenal di dunia. Siapakah mereka? Berikut ini Pojok Media bagikan daftarnya buat Anda.

Gambar Al Kindi seorang ilmuwan dan filsuf muslim yang terkenal di dunia

1. AL-KINDI  ( Peletak dasar filsafat Islam )

Nama Lengkapnya adalah Abu Yusuf Ya’kub bin Ishaq bin Sahbbah bin Imran bin Ismail bin Muhammad bin al-Asy’ats bin Qais al-Kindi.

Tahun kelahiran dan kematian Al-kindi belum diketahui namun dapat dipastikan bahwa ia hidup pada masa kekhalifahan al-Amin (809-813), al-Ma’mun (813-833),al-Mu’tasim (833-842),al-Watsiq (842-847), dan al- Mutawakkil (847-861).

2. AR-RAZI ( Filsuf Muslim non kompromis )

Nama lengkap adalah Abu Bakar Muhammad bin Zakariya ar-Razi. Ia dilahirkan di Rayy, di Propinsi Khurasan dekat Teheran, pada Tahun 864 M. Ia wafat pada usia 62 Tahun, yaitu pada 25 Oktober 925

3. AL-FARABI ( Pembenaran filosofis atas kenabian dan wahyu )

Nama lengkapnya adalah Abu Nashr Muhammad bin Muhammad bin Tarkhan bin Auzalagh al-Farabi
Lahir di Wasij, sebuah dusun kecil di kota  Farab, Propinsi Trannsoxiana, Turkestan, sekitar tahun 890 . berasal dari keluarga bangsawan-militer Turki.

4. IBNU SINA ( Perintis Filsafat Modern )

Nama adalah Abu Ali al-Husayn bin Abdullah bin Sina (980-1037) atau yang secara umum dikenal dengan nama Ibnu Sina atau Avicenna ( bahasa latin yang terdistorsi dari bahasa Hebrew Aven Sina) adalah seorang ensiklopedis, filsuf, fisiologis, dokter, ahli matematika, astronomer dan sastrawan.

5. AL-GHAZALI   ( Epistemologi filsafat, Telaah atas kitab Al- Munqidh min Adh-Dhalal )

Ketokohan Al-Ghozali (w.1111 M ) dalam sejarah umat Islam tidak bisa diingkari. Gelar Hujjat al-Islam yang disandangnya merupakan symbol pengakuan terhadap kebesaran namanya dalam lintasan sejaran umat Islam.

6. IBNU TUFAYL  (Akal dan wahyu , Risalah Hayy bin Yaqzhan ).

7. IBNU RUSYD  (ARistotelianis Muslim penyelaras Agama dan filsafat)


Abu Ya’la al- Walid Muhammad bin Ahmad bin Muhammad bin Rusyd (1126 – 1198 ) , atau yang  lebih terkenal dengan sebutan Ibnu Rusyd atau Averroes, adalah filsuf muslim barat terbesar di abad pertengahan. Dia adalah pendiri pikiran merdeka sehingga memiliki pengaruh yang sangat tinggi di eropa.Michael Angelo meletakkan patung khayalinya di atas atap gereja Syktien di vatikan karena ia dipandangsebagai filsuf free thinker. Dante dalam Divine comedia-nya menyebutnya “ sang komentator” karena dia dianggap sebagai komentator terbesar atas karya-karya Aristoteles.

Label: ,