N-219 Dan R80 Pesawat Canggih Masa Depan Indonesia

Pesawat canggih N-219 dan R80 adalah dua pesawat terbaru buatan dalam negeri Indonesia yang banyak menjadi sorotan dunia Internasional. Pelan tapi pasti Inustri Pesawat Terbang Indonesia mulai menemukan titik terang. PT Dirgantara Indonesia bersama mitra-mitranya kembali membangkitkan industry pesawat terbang canggih dan digadang-gadang sebagai pesawat masa depan Indonesia.
N219 dan R80 adalah pesawat komersial pertama yang dibuat oleh Indonesia. Dikerjakan oleh insinyur-insinyur muda Indonesia dengan proyek pengerjaan yang tidak main-main.

Indonesia harus bangga memiliki insinyur-insinyur hebat seperti  sang professor dan maha guru Prof. Dr. Bj. Habibie. Keahliannya tentang merancang dan mendesain pesawat sudah tidak diragukan lagi. Bahkan Dunia mengakuinya.

Indonesia yang merupakan negra kepulauan terbesar di dunia harus memiliki terobosan baru dibidang transportasi. Ini agar cita-cita pemerataan pembangunan nusantara dapat tercapai sepenuhnya. Karena alas an itulah N219 dan R80 dibuat sebagai solusi cerdas dan tepat untuk menjawab tantangan itu semua.

Tentang Pesawat N-219

Pesawat N-219 adalah pesawat multi fungsi bermesin dua yang dirancang oleh Dirgantara Indonesia dengan tujuan untuk dioperasikan di daerah-daerah terpencil. Pesawat ini terbuat dari logam dan dirancang untuk mengangkut penumpang maupun kargo. Pesawat yang dibuat dengan memenuhi persyaratan FAR 23 ini dirancang memiliki volume kabin terbesar di kelasnya dan pintu fleksibel yang memastikan bahwa pesawat ini bisa dipakai untuk mengangkut penumpang dan juga kargo.
Sebelum memasuki serial production, PT DI terlebih dahulu akan membuat dua unit purwarupa untuk Uji terbang serta satu unit purwarupa untuk tes statis pada tahun 2012. Program pembuatan purwarupa sendiri direncanakan memakan waktu selama dua tahun dengan pengalokasian dana yang dibutuhkan sebesar Rp300 miliar.

N-219 akan melakukan uji terbang di laboratorium uji terowongan angin pada bulan Maret 2010. Pesawat N219 baru akan bisa diserahkan kepada pemesan pertamanya untuk diterbangkan sekitar 2014-2015. N-219 ini merupakan pengembangan dari NC-212 yang sudah diproduksi oleh PT DI dibawah lisensi CASA.

Gambar bentuk desain dan spesifikasi pesawat N-19

Spesifikasi Pesawat N-219


Fitur Utama



Kinerja N-219



Operator N-219


N-29 Setara dengan Twin Otter dan CASA C 212

Tentang Pesawat R80 

PT Regio Aviasi Industri (RAI), PT Ilthabi Rekatama, PT Dirgantara Indonesia (PT DI) dan PT Eagle Capital milik BJ Habibie akan berencana untuk bersama-sama membangun pesawat komersial R80.
Ilham Habibie, sebagai Komisaris PT RAI, perusahaan rancang bangun dan subkontraktor pesawat terbang yang juga anak BJ Habibie, mengatakan, pesawat canggih ini akan diproduksi di Jabar.

Rencananya, kata Ilham, pembuatan R80 akan melibatkan PT DI dan Pemprov Jabar. Menurut Ilham, dalam pertemuan di Gedung Pakuan pada September 2014 lalu, telah dibahas komposisi saham dalam pembuatan pesawat R80 tersebut.

Jika tak ada aral melintang, R80 diperkirakan rampung penyelesaiannya pada tahun 2018. Rencananya, pesawat dengan 80 tempat duduk itu akan melakukan penerbangan perdana di Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati, Kabupaten Malajengka, pada 2018.

Di tempat yang sama, BJ Habibie mengatakan bangsa Indonesia mampu membuat pesawat terbang sendiri. Buktinya, kata Habibie, bangsa Indonesia mampu memproduksi pesawat N250 yang dapat terbang pada tahun 1995 lalu.

Gambar bentuk desain dan spesifikasi pesawat R80 buatan Indonesia

Spesifikasi Pesawat Canggih R80

Berikut ini adalah spesifikasi dari pesawat R80:


Speed :


Range


Payload


Altitude


Field Performance


Propulsion


Weight



Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/N-219
https://indocropcircles.wordpress.com/2014/09/12/pesawat-r80-buatan-indonesia/

Nah itulah 2 pesawat canggih asli buatan dalam negeri Indonesia sebagai pendongkrak masa depan industry pesawat terbang Indonesia. Semoga apa yang telah direncakan dapat berjalan lancar yah.

Label: , ,