7 Kapal Perang Paling Tangguh Penjaga Laut Di Benua Asia

POJOKMEDIA.COM; Benua Asia merupakan yang terbesar di dunia, sudah tentu memiliki lautan yang sangat luas yang terhubung dan berbatasan dengan Negara satu dan lainya.

Dengan keadaan luasnya wilayah lautan di Benua Asia itu tak jarang membuat Negara-negara yang berbatasan saling bersitegang karena satu dan lainya sama-sama menginginkan wilayah lautan itu berada dalam kekuasaanya. Seperti yang sekarang masih tegang dan menjadi sorotan yaitu Laut Cina Selatan dimana China dan Jepang saling berebut wilayah disini.

Yang menarik disini bukan karena luasya wilayah lautan di Benua Asia, namun Negara-negara di Asia mulai berlomba untuk menunjukkan kekuatan militernya khususnya Kapal Perang yang memang berugas menjaga wilayah lautan Negara masing-masing.

Beberapa Negara di Asia saling beradu ketangguhan kapal perangnya, ini sebagai tanda dan pesan kepada luar bahwa negaranya mampu berdaulat dan memiliki Angkatan laut dan kapal perang yang tangguh.

Dan berikut ini adalah daftar 7 negara dengan Kapal Perang paling tangguh yang ditugaskan menjaga perairan benua Asia.

Jiangkai Class( Tiongkok)


Gambar kapal perang Jiangkai Class - 054 paling tangguh milik Tiongkok

Jiangkai Class atau biasa dikenal dengan sebutan Type 054, merupakan kapal perang jenis Fregate milik Tiongkok. Dibuat pada tahun 2003, dan diawaki 250 pelaut. Kapal ini sanggup melaut sejauh 12.000 Km, dengan dilengkapi 8 rudal YJ-83 SSM, 4 senjata mesin AK-630 30mm, dan 6 torpedo kaliber 533mm.

Formidable Class (Singapura)


Gambar Kapal perang tangguh Formidable Class milik Singapura

Formidable Class kapal Fregate kebanggan negeri Singapura, kapal ini dibangun dengan basis kapal La Fayette. Dibangun pada tahun 2000, dan diawaki 72 pelaut. Kapal ini sanggup melaut sejauh 7.700Km, dengan membawa beragam persenjataan diantaranya meriam 62mm Oto Melara, 32 rudal MBDA, 2 torpedo tipe 515.

Van Speijk Class (Indonesia)


Gambar kapal perang TNI AL Van Speijk Class  Paling tangguh di Benua Asia milik Indonesia

Van Speijk Class, kapal perang Fregate andalan TNI AL. Telah menemani Indonesia sejak 3 dasawarsa, pertama kali digunakan pada tahun 1965. Kapal ini diawaki oleh 180 pelaut, dengan daya jangkau melaut 8.100Km. Walaupun sudah tua, kapal ini ditakuti berkat rudal P-800 Yakhont, 1 meriam Oto melara kaliber 76mm, dan tiga tabung torpedo tipe mk 32.

Gregorio del Pilar class (Filipina)


Gambar kapal Gregorio del Pilar class - Filipina

Gregorio del Pilar class, kapal Fregate andalan Filipina. Bersenjata ringan, dan usia kapal ini sama dengan Van Spejk andalan TNI AL. Kapal ini diawaki 85 pelaut, dengan daya jelajah sangat jauh mencapai 25.900Km. Kapal ini dipersenjatai dengan meriam Oto melara kaliber 76mm, dan 6 senjata mesin kaliber 50mm.

Gepard-class (Vietnam)


Gambar kapal Gepard-class milik negara Vietnam

Gepard-class, kapal Fregate terbaru milik Vietnam, tercatat baru 2 negara di dunia pengguna kapal canggih ini Rusia dan Vietnam. Diawaki oleh 98 pelaut, dengan jarak tempuh mencapai 7.000Km. Kapal ini dipersenjatai dengan Kh-35 Anti-Ship missiles, 2 senjata mesin AK-630, dan 2 torpedo kaliber 533mm.

Lekiu class (Malaysia)


Gambar kapal perang Lekiu class Milik AL Malaysia

Lekiu class kapal Fregate terbaik milik negeri Jiran Malaysia. Diawaki 146 pelaut dengan jarak tempuh sejauh 9.300Km. Dipersenjatai dengan senjata mutakhir diantaranya meriam Bofors 57 mm, 16 rudal seawolf, 8 rudal exocet dan torpedo. Kapal ini akan menjadi lawan tangguh bagi kapal Van Spejk milik TNI AL.

Hatakaze class destroyer (Jepang)

Gambar kapal perang JDS_Hatakaze171 paling tangguh milik Jepang

Hatakaze class destroyer mengoperasikan OYQ - 4-1 jenis sistem kontrol taktis . Sistem senjata yang meliputi Standar rudal permukaan - ke-udara rudal , roket anti - kapal selam , RGM - 84 Harpoon anti - kapal rudal , dua Mark 15 20 mm CIWS gun mounts, two torpedo mounts in a triple tube configuration , dua 5 inch/54 caliber Mark 42 rapid-fire guns.

Itulah daftar 7 negara dengan kapal perang paling tangguh yang ditugaskan menjaga wilayah lautan Benua Asia. Semoga apa yang kami bagikan kali ini bermanfaat.


Label: