ARTI DAN PENGERTIAN SWA BHUWANA PAKSA BAGI TNI-AU

Gambar Logo atau lambang TNI Angkatan udara/AU dengan Swa Bhuwana Paksa

Arti dan pengertian Swa Bhuwana Paksa harus dipahami betul-betul oleh setiap personel TNI-AU. Kalimat tersebut menyimpan makna yang dalam jika dipahami.

Anda tahu apakah makna dari Swa Bhuwana Paksa itu?

Di TNI Angkatan Udara kalimat itu tentu tidak asing dan sudah menjadi sebuah ajaran yang musti djalankan dan dipahami.
Swa Bhuwana Paksa adalah doktrin atau ajaran &sekaligus lambang TNI Angkatan Udara. Nilai-nilai juang TNI AU yang dimanifestasikan dalam bentuk lambang TNI Angkatan Udara yaitu Swa Bhuwana Paksa memiliki kandungan makna sebagai sayap tanah air Indonesia.

Lambang tersebut sekaligus menyatakan, bahwa TNI AU merupakan payung yang melindungi seluruh wilayah kedaulatan Indonesia dan mengangkat harkat martabat bangsa serta bertekad membangunnya untuk menjadi Indonesia yang jaya di udara.

TNI AU sebagai bagian integral dari TNI dalam upaya pertahanan negara, dengan sifat khasnya yang padat materiil dan sarat teknologi, harus selalu dan terus menerus diupayakan untuk dipelihara serta dibina kekuatan dan kemampuannya, agar dapat melaksanakan peran, fungsi dan tugasnya dalam sistem pertahanan negara. Untuk menjamin keberhasilan baik pembinaan maupun penggunaan kekuatan, maka diperlukan suatu pedoman yang harus dijiwai dan dipahami oleh setiap personel TNI Angkatan Udara dan TNI lainnya, berupa Doktrin TNI Angkatan Udara Swa Bhuwana Paksa, yang sesuai dengan perkembangan lingkungan strategis dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Itulah arti dan pengertian kalimat Swa Bhuwana Paksa dalam Logo atau lambang TNI AU yang sekaligus menjadi ajaran dasar bagi para prajurit TNI Angkatan Udara.


Label: