Spesifikasi Kapal Tangguh KRI Teluk Bintuni (TBN) 520 TNI AL

Gambar kapal perang tangguh TNI AL Teluk Bintuni-520

Salah satu kapal pernag tangguh milik TNI AL Indonesia yang merupakan hasil karya anak bangsa yaitu KRI Teluk Bintuni 520.

Gambar Kapal perang KRI Bintuni Indonesia



Kapal TBN-520 ini barusaja diserahkan kepada TNI Al dari PT Daya Radar Utama untuk bertugas menjaga wilayah laut Indonesia dan memperkuat TNI AL.

Spesifikasi KRI Teluk Bintuni 520


KRI Teluk Bintuni (TBN)-520 yang dibuat PT Daya Radar Utama memiliki bobot 2.300 ton menjadi kapal jenis LST terbesar yang dimiliki TNI AL.

Sebagai perbandingan kapal jenis LST yang telah dimiliki TNI AL adalah produksi galangan Tacoma, Amerika Serikat memiliki bobot mati 1.800 ton, sementara yang lebih kecil produksi Jerman Timur jenis LST Frosch Class berbobot matinya hanya 1.530 ton.

Bobot yang besar pada KRI Teluk Bintuni-520 ternyata berkorelasi dengan tugas yang diembannnya, di mana kapal perang ini dirancang untuk mampu membawa MBT (Main Battle Tank) Leopard milik TNI AD.

KRI Teluk Bintuni-520 didesain mampu membawa 10 unit Tank MBT Leopard 2A4 milik TNI AD yang berbobot mencapai 62,5 ton. Sebelumnya LST TNI AL hanya mampu membawa tank ringan dengan berat per tank hanya belasan ton. Selain itu, KRI Teluk Bintuni-520 masih bisa membawa 2 unit helikopter, kapal ini telah dilengkapi dua helipad dengan fasilitas hangar.

Baca juga Daftar kapal Perang Canggih Asli Buatan Indonesia

Kapal LST ini juga mempunyai panjang 120 meter, lebar 18 meter, dengan tinggi 11 meter. Kecepatannya maksimal 16 knot, dengan main engine 2 x 3.285 kw yang ditenagai dua mesin.
Secara keseluruhan KRI Teluk Bintuni terdiri dari 7 lantai yang letaknya secara berurutan dimulai dari bawah yakni Deck A merupakan ruang untuk tangki dan ruang pasukan. Paling bawah adalah Bottom Deck yang menjadi ruang khusus mesin kapal, dan Deck B untuk pasukan. Lalu, Deck C untuk kru kapal termasuk tempat tidur dan peralatan keseharian kru kapal. Deck D juga untuk kru kapal, serta Deck E untuk komandan kapal dan para perwira. Kemudian, Deck F untuk ruang komando, dan terakhir Deck G alias top deck atau compas deck digunakan untuk meletakkan dua radar utama.



Kapal perang jenis LST ini dilengkapi dengan persenjataan yang dimiliki diproyeksikan untuk self defence dengan mengandalkan meriam Bofors kaliber 40/L70 mm yang ditempatkan pada bagian haluan. Kemudian ada Canon PSU kaliber 20 mm, serta dua unit SMB (senapan mesin berat) kaliber 12,7 mm.



Dalam operasi tempur, kapal jenis LST dengan tugas sebagai pengangkut pasukan, material dan tank harus mendapat kawalan dari kapal-kapal jenis Combatan dari Satuan Kapal Eskorta atau Satuan Kapal Cepat.



Gambar kapal perang KRI Bintuni milik TNI AL Indonesia
Baca kapal Perusak Kawal Rudal Super Canggih Indonesia

Gambar KRI Teluk Bintuni 520 TNI AL

KRI Teluk Bintuni-520 dapat dimuati 111 ABK (anak buah kapal), enam orang kru helikopter, dan masih mampu membawa pasukan sebanyak 359 orang. Untuk mengantar pasukan Marinir ke pantai, LST ini dapat membawa 4 unit LCVP (Landing Craft, Vehicle, Personnel). Untuk memudahkan loading logistik dan kargo, pada bagian depan anjungan juga dilengkapi crane.

Nah itulah kehebatan KRI Teluk Bintuni Milik TNI AL Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat buat anda semua.

Label: ,