2 Pesawat tanpa awak (Drone) Paling Mematikan di Dunia

2 pesawat tanpa awak (drone) paling mematikan yang ada di dunia ini adalah milik Militer Amerikan Serikat dan Militer Israel. Pesawat tanpa awak ini di desain khusus untuk menyerang pangkalan-pangkalan musuh yang menjadi incarannya.

Pesawat anpa awak kini menjadi salah satu Alutsista andalan yang wajib dimiliki oleh Militer suatu negara. Dengan biaya operasional yang murah dan dikendalikan dari jarak jauh oleh system Control pesawat ini menjadi solusi cerdas untuk Militer.

Pesawattanpa awak delain dapat digunakan sebagai pengintaian juga mampu sebagai perusak/penghancur dan pembunuh musuh yang tanpa diduga. Itulah sebabnya sekarang ini beberapa negara berlomba membuat drone canggih serta mematikan.

Sebenarnya apasih Drone itu?

Drone adalah pesawat tanpa awak yang dibuat khusus untuk tugas-tugas tertentu. Pesawat tanpa awak atau Pesawat nirawak (english = Unmanned Aerial Vehicle atau disingkat UAV), adalah sebuah mesin terbang yang berfungsi dengan kendali jarak jauh oleh pilot atau mampu mengendalikan dirinya sendiri, menggunakan hukum aerodinamika untuk mengangkat dirinya, bisa digunakan kembali dan mampu membawa muatan baik senjata maupun muatan lainnya . Penggunaan terbesar dari pesawat tanpa awak ini adalah dibidang militer. Rudal walaupun mempunyai kesamaan tapi tetap dianggap berbeda dengan pesawat tanpa awak karena rudal tidak bisa digunakan kembali dan rudal adalah senjata itu sendiri.

Pesawat tanpa awak memliki bentuk, ukuran, konfigurasi dan karakter yang bervariasi. Sejarah pesawat tanpa awak adalah Drone target, pesawat tanpa awak yang digunakan sebagai sasaran tembak. Perkembangan kontrol otomatis membuat pesawat sasaran tembak yang sederhana mampu berubah menjadi pesawat tanpa awak yang kompleks dan rumit.

Kontrol pesawat tanpa awak ada dua variasi utama, variasi pertama yaitu dikontrol melalui pengendali jarak jauh dan variasi kedua adalah pesawat yang terbang secara mandiri berdasarkan program yang dimasukan kedalam pesawat sebelum terbang.

Saat ini, pesawat tanpa awak mampu melakukan misi pengintaian dan penyerangan. Walaupun banyak laporan mengatakan bahwa banyak serangan pesawat tanpa awak yang berhasil tetapi pesawat tanpa awak mempunyai reputasi untuk menyerang secara berlebihan atau menyerang target yang salah. Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Pesawat_tanpa_awak  

Setidaknya ada dua pesawat drone paling mematikan di dunia saat ini, yaitu Pesawat Predator atau REAPER dan Pesawat HERON.

REAPER/PREDATOR

Pesawat Predator adalah buatan Amerika Serikat. Pesawat ini sekarang berganti nama menjadi REAPER dengan kode MQ-9. Buatan perusahaan Teknologi General Atomics Amerika Serikat.

Pesawat tempur tanpa awak ini digunakan sebagai penyerang darat. Menurut Graham dari Bureu of Investigation Journalism yang berpusat di Inggris. Telah menyelidiki bahwa sejak tahun 2004 – 2013 pesawat tempur tanpa awak “Reaper” ini telah menewaskan lebih dari 7. 828 orang. Kebanyakan korbannya adalah anggota Al-Qaedah. Menurut Graham, Namun ada juga warga sipil yang terkena serangan dan menjadi korban pesawat ini. Sekitar 300 – 500 warga sipil telah menjadi korban salah sasaran oleh pesawat Reaper milik Amerika Serikat ini.

Gambar Pesawat drone predator Reaper MQ-9 Paling mematikan milik Amerika Serikat

Spesifikasi Reaper MQ-9


Kecepatan : 428 km/Jam
Durasi terbang : 14 Jam
Ketinggian terbang : 15 km
Jarak jelajah : 1800 km. Dengan kontrol satelit
Senjata yang digunakan adalah : 4 rudal berjenis AGM 114 Hellfire yang bisa menghancurkan mobil/truck. Dan 2 BOM berjenis GBU-12 Paveway yang bisa menghancurkan bangunan tembok Beton.

PESAWAT HERON

Pesawat Heron adalah Drone milik Militer Israel. Ada yang berjenis HERON EITAN yang juga menewaskan banyak orang. Pesaat tanpa awak ini telah menewaskan sekitar 2000 orang lebih. Namun kebanyakan korbannya adalah Warga Sipil Gaza meliputi wanita dan anak-anak. Drone ini aktif digunakan oleh Israel sejak 2008 – 2014 pada operasi Cast Lead. Jumlah korban pesawat HERON umumnya berada di luar rumah.

Gambar pesawat tanpa awak (Drone) Heron Eitan Drone paling mematikan milik Israel.

Spesifikasi pesawat Drone Heron Eitan


Kecepatan : 370 km/Jam
Durasi Terbang : 3 hari 3 malam nonstop sekali isi bahan bakar (70Jam)
Ketinggian terbang : 10 km
Jarak jelajah : 7.400 km dengan control satelit
Dikendalikan oleh dua tentara dari jarak jauh melalui Ground Control System .
Senjata : 6 Rudal

Itulah 2 pesawat tanpa awak paling mematikan di dunia. Semoga ini dapat menambah pengetahuan Anda.

Label: ,