3 Museum Unik dan Aneh di Dunia

Jika kita mendengar kata museum, pastilah di benak kita membayangkan sesuatu dari masa lalu. Baik itu sejarah, kebudayaan, peninggalan-peninggalan berharga, ataupun benda-benda mistis dan sebagainya. Sekarang, saatnya mengubah pemikiran itu. Karena saat ini banyak sekali museum-museum unik bahkan sedikit dianggap aneh yang di dirikan. Memang sih masih berkaitan dengan masa yang sudah lewat. Tapi berbeda kok, dengan museum-museum kebanyakan.

Museum-museum di bawah ini bisa jadi akan membuat anda tak percaya. Kok ada ya orang yang nekat dan berminat mengumpulkan barang-barang tersebut untuk di museumkan. Barang kali anda menilai mereka kurang kerjaan. Tapi setelah semua ada hasilnya barulah kita kadang menyadari bahwa di dunia ini tak ada hal yang di lakukan sia-sia.

Gambar museum unik dan aneh di dunia, Museum of bad art, international toilet museum, dan museum of burnt food


Dan berikut ini, museum-museum unik bahkan aneh yang layak anda berikan apresiasi:

Museum Kesenian Jelek /MOBA (The Museum Of Bad Art)

Jika biasanya anda melihat sesuatu yang menakjubkan saat mengunjungi museum kesenian atau sebuah galeri seni. Namun, ketika anda berkunjung ke Museum Of Bad Art di Massachusetts dan Brookline, US ini anda akan menemukan sesuatu yang berbeda. Karena seperti namanya, museum ini memajang benda-benda kesenian yang gagal di buat oleh senimannya. Tapi tenang, benda-benda yang ada tak kalah menakjubkannya lho. 

Museum ini didirikan dengan tujuan untuk menghargai hak gagal dari para seniman. Jadi tak hanya karya-karya istimewa yang mendapat tempat di sebuah pameran atau museum kesenian, karya-karya yang gagalpun juga punya tempat untuk di pamerkan. Dengan begitu, orang-orang tidak hanya tahu tentang kehebatan si seniman. Tetapi juga tahu bahwa untuk mencapai sebuah karya yang spektakuler, mereka-mereka para seniman juga pernah gagal. 

Museum Toilet/ Sulabh International Toilet Museum

Museum ini didirikan atas ide dari Dr. Bindheswar Pathak. seorang ahli kebersihan dari india. Ia juga seorang konsultan dari Dewan Sosial dan Ekonomi United Nations. Beliau menilai bahwa toilet merupakan bagian penting dalam kebersihan dan kemajuan umat manusia dan peradabannya. Di Sulabh International Toilet Museum anda dapat melihat evolusi toilet dari zaman dahulu sampai sekarang. Mulai dari yang dudukan sampai yang buka tutup. Kedengarannya aneh memang, tapi bagi orang yang peduli seperti Dr. Pathak, tentulah tidak.

Museum Makanan Gosong / Museum Of Burnt Food

Berdirinya Museum ini berdasarkan peristiwa yang dii alami oleh seorang musisi bernama Deborah Henson Conant yang sedang memanaskan sari buah apel, namun ia mendapat panggilan telepn dan meninggalkan dapur. Begitu ia kembali kedapur, ia mendapati masakannya sudah benar-benar gosong. Sejak saat itu, banyak makanan gosong yang di masukkan dalam museum ini. Namun sayang, museum ini masih bersifat pribadi, sehingga jarang di buka untuk umum.

Itulah 3 museum unik dan aneh di dunia yang dapat pojokmedia.com bagikan kepada sobat. Semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan. Sehingga khazanah keilmuan sobat semakin luas.



Label: ,