Lebih Dekat Dengan Pesawat EMB-314/A-29 Super Tucano TNI AU

Gambar pesawat super tucano EMB-214/A-29 milik TNI AU terbaru

TNI AU baru saja menerima kiriman Pesawat EMB-314/A-29 Super Tucano dari Brazil. Pesawat latih tempur ringan dan gesit ini akan menambah kekuatan TNI AU dan menjaga wilayah udara RI.

Setidaknya sudah ada 4 pesawat EMB-314/A-29 Super Tucano buatan pabrikan pesawat Embraer dari Brazil yang merupakan batch ke-3 dari pesanan 16 pesawat Super Tucano tengah dalam perjalanan ke Indonesia. pada tanggal 1 November 2015 keempat pesawat ini sudah terlihat berada di bandara Las Palmas Airport, Gran Canaria, Spanyol.Selanjutnya keempat pesawat akan meneruskan perjalanan hingga ke markas Skadron Udara 21 di lanud Abdulrachman Saleh, Malang.

Dengan kedatangan empat pesawat ini maka hingga batch ketiga sudah ada 12 pesawat Super Tucano yang diserahkan kepada TNI AU, dan masih tersisa empat pesawat lagi yang belum dikirimkan.

Apa Kelebihan EMB-314 Super Tucano?


EMB-314 (Super Tucano) merupakan sebuah pesawat latih bermesin turboprop sayap rendah (low wing) berkemampuan COIN (Counter Insurgency) atau pesawat serang antigerilya buatan Embraer Defense System, Brasil. EMB-314 Super Tucano merupakan pengembangan dari EMB-312 Super Tucano yang telah terjual 650 unit untuk 15 negara dengan Brasil sebagai pemakai utama memiliki 130 unit.
Penyempurnaan yang dilakukan dari pesawat sebelumnya meliputi sistem avionik, sistem persenjataan dan sistem komunikasi data. Sejak diperkenalkan dan dipakai AU Brasil pada tahun 2004, EMB-314 terbukti berhasil melakukan misi penjagaan perbatasan di kawasan Amazon yang terkenal sangat rawan dengan aktivitas penyelundupan dan perdagangan narkotika.

Selain Brazil sendiri, pesawat tersebut juga telah digunakan AU Kolombia, Chili, Republik Dominika dan Ekuador. Embraer juga berencana untuk merambah ke beberapa negara di Asia dan Timur Tengah.

Gambar bentuk spesifikasi pesawat EMB-314 Super Tucano

Spesifikasi Pesawat EMB-314 Super Tucano


Karakteristik Umum




Prestasi Pesawat Super Tucano EMB-314



Baca juga KFX And IFX Jet Tempur Masa Depan Indonesia

Sistem Persenjataan EMB-314 Super Tucano


Sistem persenjataan yang digunakan pada Pesawat EMB Super Tucano yaitu 2 senapan mesin yang berada di sayap kiri dan kanan, 5 buah cantelan dengan komposisi masing-masing 2 buah di sayap kiri dan kanan dan 1 buah di badan pesawat dengan beban total 1550 kg. Semua cantelan bisa dipasang bom sejenis Mk 81 dan Mk 82, peluncur roket, dan bom berpemandu laser.

Varian Yang Ada

A-29A 

Kursi tunggal dengan kemampuan serang antigerilya, pendukung tugas udara jarak dekat, menghadang dan menghancurkan pesawat biasa.

A-29B 

Kursi ganda dengan kemampuan sama seperti versi kursi tunggal, dengan kemampuan tambahan sebagai pesawat latih dan fungsi pengawasan udara.

Itulah penjelasan singkat mengenai kelebihan dan kemampuan pesawat tempur ringan EMB-314 Super Tucano TNI AU terbaru. Semoga kehadiran pesawat ini mampu menambah kekuatan TNI Au dalam menjaga wilayah udara Republik Indonesia.

Label: