Kemampuan BOZENA 4 – Robot Penyapu Ranjau Milik TNI AD

Gambar robot Bozena 4 penyapu ranjau milik TNI

BOZENA 4 adalah salah satau Alutsista andalan TNI AD. Digunakan untuk menyapu ranjau-ranjau darat yang  dipasang musuh.

Gmbr Robot BoZena-4 milik TNI AD Indonesia



Bozena 4 lebih tepatnya adalah sebuah robot yang desain khusus untuk membasmi jebakan ranjau musuh. Biasanya ranjauini ditanam di kedalaman antara 25 – 30 cm. Bozena 4 merupakan jenis kendaraan robot yang digunakan untuk mendeteksi serta menghancurkan ranjau darat. Alutsista ini menggunakan remote sebagai sistem kendalinya. Sejak tahun 2013 TNI AD telah mendatangkan 2 unit bozena dan dioperasikan oleh satuan zeni tempur.


Robot anti ranjau Bozena 4 ini khusus dipakai didarat. Biasanya dipakai didaerah perbatasan darat yang memang sering ditanami ranjau sebagai penghalang mobilitas pasukan. Sepintas, robot ini mirip alat pembajak sawah modern. Bagian depannya terdapat flail unit dari baja. Bisa diatur ketinggian dan kecepatan putarannya saat dipergunakan. Flail Unit (berbentuk bulatan datar yang tergantung pada rantai baja) dibagian depan dengan gerakan melingkar berfungsi memukul ranjau hingga meledak.

Ranjau biasanya ditanam 25-30 sentimeter dibawah permukaan tanah. “Jadi butuh kekuatan yang berbeda untuk mendeteksi, mengaktifkan dan meledakkan ranjau karena ranjau makan waktu untuk dijinakkan secara manual. Untuk itu Robot Bozena ini sangat dibutuhkan olehTNI ADsebagai robot penghancur ranjau sekaligus menjadi tambahan kekuatan baru bgi TNI.


Kemampuan jelajah Bozena dengan remote control bisa menncapai 5 km. kondisi medan juga menentukan kemampuanBozena ini. Dengan kecepatan maksimal 9 km/jam, robot ini lebih sering dipakai setelah suatu areal dikuasai pasukan. "Setelah daerah tertentu dikuasai pasukan, maka Bozena bertugas membersihkan areal tersebut dari ranjau yang sudah ditanam. Boleh juga kalau saat konvoi pasukan tempur, sistem radar mendeteksi bahwa dalam jalur yang akan ditempuh konvoi ada ranjau ditanam. Nah, Bozena akan berada didepan membersihkan ranjau sekaligus membuka jalan.


Itulah detail tentang spesifikasi robot Bozena 4 Milik TNI AD sebagai kendaraan pendeteksi dan pennghancur ranjau darat.

Anda menyukai artikel ini, Silahkan bagikan ke teman melalui tombol social media dibawah artikel ini.

Label: ,