Tips Jitu Hindari Tipu Online Shop

Online shop, siapa sih yang saat ini tak kenal dengan yang namanya online shop. Apa lagi di kalangan sosialita yang notabene-nya selalu update barang-barang baru dan sering cek ricek melalui online shop. Tak hanya kaum sosialita saja, kalangan biasapun sudah bisa menjangkaunya. Mereka yang super sibuk untuk sekedar belanja lebih memilih online shop dari pada harus datang sendiri ketokonya. Dengan pelayanan yang serba instan dan memudahkan pembeli unutk melihat barang-barang yang di perjulabelikan menjadikan calon pembeli tertarik untuk membeli. Namun terkadang online shop di salahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Nah, bagi anda yang takut untuk membeli di online shop karena penipuan, berikut ada tips jitu hindari tipu online shop.

Gambar tips belanja online
Online Shop


Kenali barang yang akan di beli

Sebelum membeli sesuatu, lihat secara lebih mendetail barang yang anda beli. Jika perlu tanyakan pada penjualnya. Biasanya si penjual gadungan alias penipu tidak tahu persis criteria detail barang yang di perjual belikan. Jadi, kenali dulu barangnya, jika sudah yakin baru deal.

Kenali domain

Saat ini banyak sekali domain gratisan yang memudahkan siapapun untuk bisa memiliki took online. Dan kadang ini di manfaatkan oleh si penipu untuk mendapatkan mangsa. Sebagai pembeli yang obijak, perhatikan dulu domainnya, apakah domain berbayar atau gratisan. Walaupun tak selamnya yang gratisan adalah penipuan, tapi sebaiknya kenali dulu domainnya. Jika masih ragu usahakan untuk berbelanja pada situs jual beli online yang sudah terbukti dan terpercaya.

Jangan terjebak diskon

Salah satu hal yang bisa di gunakan untuk menarik minat pembeli adalah diskon. Dengan mengadakan diskon besar-besaran kemungkinan online shop akan lebih banyak mendapatkan pembeli dari pada yang tidak. Eisst…tapi lihat dulu diskon yang di berikan. Wajar nggak? Masa diskon sampai 99 %? Mana ada pembeli yang mau rugi? Nggak ada sob. Jadi pastikan dulu diskonnya wajar atau tidak, jangan tergiur harga murah tapi ujung-ujungnya nggak dapet apa-apa malah kehilangan duitnya. Nggak mau kan?

COD (Cost On Delivery)

Pada online shop biasanya ada beberapa pilihan pembayaran seperti transfer dulu baru kirim barang, ada juga yang bayar setelah barang di kirim, ada juga yang pembeli dan penjual ketemuan langsung, jika cocok baru deal. Nah, untuk mengantisipasi penipuan online shop cobalah ajak si pennjual untuk COD. Jika ia menyetujui silahkan lanjut belanja anda, jika tidak maka piker ulang. Jika sudah yakin online shop ini tidak menipu maka lanjutkan saja. Dan jika anda ragu maka sebaiknya jangan.

Hati-hati dengan testimoni

Testimoni banyak kita jumpai pada online shop. Dengan adanya testimoni, pembeli lebih yakin dengan produk yang di tawarkan pada situs online shop tersebut. Dengan begitu pembeli merasa bahwa online shop tersebut bukan penipu. Namun, anda juga harus berhati-hati saat ini ada jasa penyedia tesetimoni palsu yang beredar. Bisa jadi testimoni tersebut dari teman-teman si penjual untuk merayu pembeli.

Itulah beberapa tips jitu hindari tipu online shop. Bijaklah dalam membeli dan jika ada kejangggalan sebaiknya teliti dulu. Selamat mencoba and happy shop.

Label: , ,