Inilah Kapal Perang Terbesar TNI AL Type LST

Gambar kapal perang type LST terbesar

TNI AL Semakin perkasa dengan adanya armada kapal peraang canggih dengan ukuran besar dan kemampuan yang handal. Dengan semakin majunya Industri perkapalan Indonesia yang sudah terbukti mampu membuat kapal perang handal dan tangguh, semakin membuat kekuatan TNI AL saat ini menjadi salah satu yang terbesar di dunia. Contoh saja seperti kapal Teluk Bintuni yang merupakan kapal perang canggih asli buatan dalam negeri. Kapal Teluk Bintuni juga menjadi kapal perang terbesar Type LST (Landing ShipTank) yang dimiliki TNI AL.

Gambar kapal perang terbesar TNI AL

Tentang Kapal Perang Teluk Bintuni

Kapal perang berjenis LST (Landing ship tank) adalah armada laut yang ditugaskan khusus untuk mengangkut personil dan kendaraan amfibi. Saat ini TNI AL telah mendapatkan salah satu kapal LST yaitu KRI Teluk Bintuni yang diproduksi oleh perusahaan dalam negeri. KRI Teluk Bintuni merupakan kapal LST terbesar milik TNI Angkatan Laut saat ini.

Baca juga Spesifikasi Kapal Tangguh KRI Teluk Bintuni


Kapal Perang RI Bintuni 520 memiliki bobot 2.300 ton dan panjang 120 meter, dibuat oleh galangan kapal PT. Daya Radar Utama (DRU) yang berlokasi di Lampung Selatan. Meski bukan buatan PT PAL, tapi adopsi cargo hose crane yang disematkan pada bagian haluan, adalah buatan PT Pindad dengan label Pinmarine. Crane ini dirancang untuk mengangkat beban sampai 15 ton dengan panjang 15 meter. Crane dibuat dengan struktur yang terbuat dari konstruksi baja yang kokoh dan bersertifikat sehingga kuat untuk dudukan dan pengelasan pada struktur kapal, bush terbuat dari bronze dengan mengacu kepada standar nasional (BKI) dan standar internasional (IACS member). Crane dapat dioperasikan secara simultan dua atau beberapa gerakan disertai sistem emergency sebagai pengaman, selain itu dapat dioperasikan secara manual (Emergency Hand Pump) untuk melepas rem pada winch dan slewing.

Kapal perang (KP)Teluk Bintuni 520 TNI AL punya lebar 18 meter, serta tinggi 11 meter. Rancangan Teluk Bintuni  sudah disesuaikan dengan tugas yang diembannya, yaitu mampu membawa 10 unit main battle tank (MBT) Leopard milik TNI Angkatan Darat yang berbobot mencapai 62,5 ton. Selain KRI Bintuni 520, beberapa kapal TNI AL yang dilengkapi crane dalam ukuran besar seperti di KRI Dewa Kembar 932, KRI Soputan 923, KP Leuser 924,KP Tanjung Oisina 972, KPTanjung Nusanive 973 dan KRI Tanjung Fatagar 974. Selain itu, crane dalam kapasitas yang lebih kecil hadir di LPD (Landing Platform Dock), FPB-57, korvet SIGMA dan frigat Van Speijk. Khusus di kapal kombatan, peran crane lebih untuk menaikan dan menurunkan perahu boat dengan kualifikasi RHIB (Rigid Hulled Inflatable Boat).

Kapal TNI AL Teluk Bintuni

Itulah bukti kehandalan Kapal perang Terbesar TNI AL bertype LST yang diberi nama KRI Teluk Bintuni. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan Anda tentang kekuatan TNI AL saat ini.

Label: ,