1001 Keutamaan Bulan Ramadhan Dan Tarawih 10 Hari Pertama

Ada banyak sekali keutaman bulan ramadhan, bulan puasa ramadhan menjadi bulan istimewa dari bulan lainya, kehadiran bulan ramadhan sangat dinantikan oleh semua kaum muslimin di seluruh dunia. Itulah mengapa saya menyebutnya sebagai bulan 1001 keutamaan.

Bulan puasa adalah bulan dimana terdapat banyak limpahan berkah dan ampunan dari Allah SWT. Allah akan menurunkan berkah dan ampunannya kepada hambanya yang sungguh-sungguh memohon ampun serta pertolongan. Dibulan ini juga merupakan dimana akan dibukannya pintu surga dan taubat, sedang pintu neraka ditutup. Siapapun yang melakukan amal ibadah engan ikhlas dibulan ini akan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah SWT.

Gambar keutamaan bulan ramadhan

Keutamaan Bulan Ramadhan

1. Bulan diturunkaannya Al-Qur’an
Al-Qur’an pertamakali diturunkan di bulan ramadhan. Ini seperti yang dijelaskan dalam QS. Al-Baqarah 185 yang artinya sbb:

“Beberapa hari yang ditentukan itu ialah bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil).”

2. Amal Sholeh yang dilipat gandakan

Dibulan ramadhan ini setiap muslim yang melakukan amal Sholeh akkan dilipatgandakan hingga 70 kali lipat.

3. Bulan penuh limpahan berkah
Keutamaan ramadhan lainya yaitu sebagai bulan penuh limpahan berkah. Setiap muslim diberi kesempatan untuk kembali ke jalan yang baik dan mendapat keberkahan yang nilainya sama dengan seribu bulan.

4. bulan ramadhan penuh ampunan
Bulan ramdhan juga menjad bulan dimana dibukanya pintu taubat dan ampunan bagi setiap muslim yang tulus bertaubat dan memohon ampunan kepada Allah SWT. Seorang muslim berkesempatan untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya, dan bahkan ibadah yang sempurna pada bulan puasa akan menjadikan seorang muslim suci kembali bagaikan bayi yang baru lahir. Sesuai Hadist Shahih berikut:

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan ihtisab, maka akan diampuni dosa-dosanya yang lalu.” (HR. Bukhari)

“Shalat yang lima waktu, dari jumat ke jumat, dan Ramadhan ke Ramadhan, merupakan penghapus dosa di antara mereka, jika dia menjauhi dosa-dosa besar.” (HR. Muslim)`

5. Pintu Surga Dibuka, Pintu Neraka Ditutup

Keutamaan bulan ramadhan lainya yaitu dibukannya [intu surge dan ditutupnya pintu neraka.  Setiap orang akan dibukakan pintu untuk kembali menuju ke jalan yang lurus pada bulan Ramadhan ini. dalam hadist dijelaskan:

“Jika datang Ramadhan, maka dibukalah pintu-pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka dan syetan dibelenggu.” (HR. Muslim

6. Bulan untuk Mencapai Ketaqwaan

Saat Puasa dimana kita menahan haus, lapar dan amarah merupakan jalan menuju sifat-sifat sabar yang taqwa. Itulah mengapa berpuasa sebulan penuh pada Ramadhan dapat membimbing umat Islam mencapai ketawaan. Sesuai surat dalam Al-Quran yang artinya:
“Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang yang sebelum kamu agar kamu bertaqwa” (QS. Al Baqarah 183)

7. Adanya Malam Lailatul Qadar

Di malam 10 hari terakhir bulan Ramadhan merupakan waktu-waktu yang diantaranya terdapat malam Lailatul Qadar, dimana malam tersebut baik diisi doa-doa yang baik dan mukjizat dapat turun pada umat Islam pada malam Lailatul Qadar tersebut.


“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr 1-3)

Keistimewaan Tarawih 10 Hari Pertama Bulan Ramadhan


Hari Pertama Bulan Ramadhan di sebut dengan Malam Rahmat, 10 Hari Kedua di sebut dengan Maghfiroh, dan 10 Hari Ketiga disebut dengan Itsfunminannar (pembebasan dari Api Neraka).

Suatu Ketika Para Sahabat Bertanya Kepada Rasullullah saw, YaRasullullah, apa sih sebenarnya keutamaan (kelebihan) Sholat Sunnat Tarwih Pada Bulan Ramadhan?,lalu Rasullullah pun menjawab sebagaimana  yang dijelaskan dalam sebuah hadist yang di riwayatkan oleh Saiyidian Ali(r.a), Kelebihan Sholat Sunnat Tarwih Pada bulan Ramadhan Adalah sbb :

Malam Pertama : Barang Siapa yang melaksanakan Sholat Sunnat Tarwih pada malam pertama Ramadhan, maka ia akan keluar dari dosa dosa sebagaimana ia baru di lahirkan

Malam Kedua : Barang Siapa yang melaksanakan Sholat Sunnat Tarwih pada malam dua Ramadhan, maka dosanya dan kedua dosa ibu bapak nya akan di ampuni oleh SWT

Malam Ketiga : Barang Siapa yang melaksanakan Sholat Sunnat Tarwih pada malam ketiga Ramadhan, maka maka malaikat yang ada di Arsy berdoa kepada Allah agar diampuni dosa kita
Malam Ke empat : Barang Siapa yang melaksanakan Sholat Sunnat Tarwih pada malam ke empat Ramadhan, maka ia akan memperolah pahala dari orang2 yang membaca kitab Taurat, Zabur, Injil dan Al Qur'an

Malam Ke Lima : Barang Siapa yang melaksanakan Sholat Sunnat Tarwih pada malam lima Ramadhan, maka Allah akan Memberikan Pahala sebagaimana Pahala nya orang2 yang sholat di masjidil Haram, Masjid Madina dan Aqsa.

Malam Ke Enam : Barang Siapa yang melaksanakan Sholat Sunnat Tarwih pada malam ke enam Ramadhan, maka Malaikat yang tawaf di Baitul Makmur (70Ribu malaikat) serat batu2 dan tanah mendoakan orang2 yang melaksanakan sholat tarwih pada malam ini.

Malam Ke Tujuh : Barang Siapa yang melaksanakan Sholat Sunnat Tarwih pada malam ke tujuh Ramadhan, maka ia akan memperolah pahala Se akan2 bertemu dengan Nabi Musa dan Berjuang mengalahkan musuh ketatnya yaitu Fi'aun dan Hamman.

Malam Ke kelapan : Barang Siapa yang melaksanakan Sholat Sunnat Tarwih pada malam kedelapan Ramadhan, maka ia akan memperolah pahala yang di lakukan nabi Ibrahim As
Malam Ke Sembilan : Barang Siapa yang melaksanakan Sholat Sunnat Tarwih pada malam ke sembilan Ramadhan, maka ia akan di naikkan mutu dan nilai ibadah nya sebagaimana mutu dan Ibadah Nabi Muhammad SAW.

Malam ke Sepuluh: Barang Siapa yang melaksanakan Sholat Sunnat Tarwih pada malam ke sepuluh Ramadhan, maka Allah akan mengkaruniakan kepadanya kebaikan dunia dan Akhirat.
Itulah keistimewaan bulan ramadhan dimana terdapat 1001 keutamaan yang dapat kita jalani untuk kembali kejalan Allah. SWT. Dan memperoleh berkah serta ridha-Nya.

Label: ,