10 Jenis Senjata Tercanggih Militer Indonesia

Jika berbicara tentang Militer Indonesia, Anda jangan kaget jika ekarang ini terdapat banyak senjata tercanggih di dunia yang sudah digunakan oleh Militer Indonesia. Memang Seiring berjalannya waktu, Militer Indonesia mulai menunjukkan perkembangan yang sangat signifikan. Sudah banyak senjata-senjata modern dan canggih yang digunakan Militer Indonesia dalam hal ini yaitu TNI (Tentara Nasional Indonesia).

Sedikitnya ada 10 Jenis Senjata tercanggih yang dimiliki Militer Indonesia hingga tahun 2016 ini. senjata apaka sajakah itu? Berikut ini Pojok Media berikan daftarnya untuk Anda.

Senjata super canggih andalan Militer Indonesia

1. Penangkis Serangan Udara Oerlikon Skyshield MK-2.

Oerlikon Skyshield MK-2 adalah jenis Senjata misil yang mana diklaim sebagai senjata tercanggih di dunia saat ini, tak heran saat berita ini sampai ke telinga presiden Amerika Serikat, Barrack Obama, Obama terkagum kagum dengan Presiden Jokowi yang memutuskan untuk membeli senjata tersebut.

Untuk uraianselengkapnya baca : Mengenal Misil Pertahanan Udara SKyShield 35 MK-2 TNI AU

2.  Sistim Rudal Pertahanan S 300 Dan S 400

Rudal S 300 adalah system rudal pertahanan udara trcanggih di dunia yang memiliki kemampuan dahsyat. S-300 mempunyai jarak tembak di atas 150 km dengan kecepatan 4 Mach. Rudal pintar ini mampu menyergap benda yang terbang rendah maupun tinggi (25M-25KM). Rudal anti serangan udara ini mampu mendeteksi, menyergap dan menghancurkan: Pesawat, Helikopter, Drone, Roket Balistik, serta Peluru Kendali.

Baca selengkapnya Sistim Rudal Pertahanan S 300 Indonesia

3. Senapan Tercanggih Buatan Pindad

Senapan sli buatan Indonesia produksi PT. Pindad ini sangat mengagumkan dan membuat Negara-negara maju seperti Amerika, Asutralia, dann Nato terkagum-kagum. Selain memiliki teknologi canggih, sennapan produksi Pindad ini juga memiliki keunggulan lain dibanding senapan serupa produksi luar negeri.
Beberapa senapan tercanggih produksi PT. Pindad ini yaitu :

Senapan Sniper Pindad
Senapan SS2 Subsonic
Senapan Serbu SS2
Popor Corner Shot (hasil rancang bangun tim Litbang Lemjiantek dibawah pengawasan Departemen Sistim Persenjataan).

4. Rudal Balistik 9K720 Iscader

Rudal Balistik 9K720 Iscander merupakan salah satu senjata tercanggih TNI saat ini. Info yang berkembang Indonesia dikabarkan telah membeli paket sistem senjata pertahanan dari Russia sejak era kepemimpinan SBY dimasa kabinet kedua, salah satunya 9K720 Iskander M atau SS-26 Stone.

Baca uraian lengkapnya tentang Rudal Balistik 9K720 Iscader Militer Indonesia

5. Roket RM 70 Vampir Dan RM 79 Grad MLRS Senjata Andalan TNI AL

Senjata canggih lainya yang dimiliki Militer Indonesia yaitu Roket RM 70 Vampir Dan RM 79 Grad MLRS. Senjata ini menjadi andalan TNI AL saat ini.

Kedahsyatan roket ini diantaranya yaitu, Jika diopersikan secara tepat, dipastikan area seluas 3 hektar akan luluh lantak akibat ulah roket multi laras ini. Dan ketika terdetonasi, hulu ledak bisa menghamburkan 3.150 serpihan kecil baja yang terserak hingga radius 28 meter. Yang menarik lagi, pasokan roket untuk RM 70 Vampir dan RM 70 Grad kini dapat diperoleh dari produksi dalam negeri. Pasalnya roket R-Han 122 mm hasil pengembangan Balitbang Kementerian Pertahanan sudah terbukti mampu ditembakkan dari basis peluncur RM 70 Marinir. Secara umum dari sisi peluncur, antara RM 70 Vampir dan RM 70 Grad tidak ada perbedaan berarti. Satu truk terdiri dari 40 peluncur roket kaliber 122 mm. wow…!

6. War-V1 Tank Tanpa Awak 


War-V1 merupakan jenis robot atau tank tanpa awak yang mampu memporak porandakan musuh. Dirancang sebagai robot hybrid tactical vehicle, dapat digerakkan lewat remote atau dikendalikan langsung oleh seorang awak. Dengan mengusung keunggulan lapis baja dan roda rantaiyang dilengkapi dengan persenjataan seperti meriam membuat tank tanpa awak ini dapat diandalkan untuk mendukung operasi TNI AD di medan-medan tertentu. Kehadiran War-V1 ini mendapat respon positif dari TNI AD yang langsung melirik konsep ranpur futuristik ini.

7. Robot Penyapu Ranjau Bozena-4


Satu lagi robot super canggih yang dimiliki Militer Indonesia. Bozena 4 adalah robot penyapu ranjau yang dimiliki oleh TNI AD. Bozena 4 merupakan jenis kendaraan robot yang digunakan untuk mendeteksi serta menghancurkan ranjau darat. Alutsista ini menggunakan remote sebagai sistem kendalinya. Sejak tahun 2013 TNI AD telah mendatangkan 2 unit bozena dan dioperasikan oleh satuan zeni tempur. Selain itu, banyak lagi kemampuan robot ini.

8. Pesawat Tempur Sukhoi Su-27 dan Su-35 TNI AU 


Pesawat Shukhoi adalah jenis pesawat tempur tercanggih yang dimiliki Militer Indonesia saat ini. Bahkan pesawat Shukhoi TNI Au beberapa kali mempecundangi Pesawat Tempur Australia.

Saat ini Indonesia memiliki 1 Skuadron Pesawat tempur Sukhoi. Dan rencananya Indonesia akan kembali membeli jet tempur dari Rusia yang lebih canggih. Indonesia juga berencana membeli Jet Eurofighter Thypoon yang bisa dibilang merupakan jet tercanggih di dunia saat ini.

9.Kapal Perang


Militer Indonesia khususnya TNI Al juga memiliki Beberapa kapal perang super canggih yang memiliki kemampuan dahsyat. Seperti KRI Usaman Harun, KRI Teluk Bintuni, KRI Rigel, dan masih banyak lainya. Selain itu Indonesia juga memiiliki kapal selam kilo class yang kehebatannya sudah diakui di dunia. Untuk info selengkapnya baca Daftar Kapal Perang Super Canggih Indonesia.

10.  Helikopter Tempur AH-64 E Apache TNI AD

Satu lagi senjata super canggih militer Indonesia yaitu Helikopter tempur Apache yang merupakan helicopter terbaik di dunia saat ini. Helikopter tempur Apace AH-64E blok tiga pesanan TNI ini merupakan varian terbaru dengan kelebihan dari varian sebelumnya, antara lain memliki konektivitas digital yang lebih baik, Join Tactical Radio System, mesin yang lebih bertenaga, kemampuan untuk perang elektronik serta kemampuan mengendalikan UAV atau pesawat tanpa awak. Selain itu Apace varian ini disebutkan memiliki kemampuan untuk peran operasi maritim.

Selain 10 senjata super canggih yang dimiliki Militer Indonesia diatas, masih banyak lagi senjata lainya buatan Indonesia yang memiliki kemampuan yang juga mengesankan misalnya Rudal Jupiter, Panser Anoa, Tank Amfibi, Panser Badak, Peluru,  roket, dan lainya.

Label: