6 Arti Penting Pancasila Untuk Indonesia

Pancasila menjadi begitu sakti dan sacral buat bangsa Indonesia. Lima sila yang dirumuskan oleh tokoh-tokoh bangsa ini menjadi sebuah ikrar persatuan bangsa ditengah banyaknya keberagaman baik suku, agama, bahasa, ras, dan golongan.

Sudah ditetapkan bahwa Pancasila sebagai dasar Negara Indonesia yang mana berbunyi:

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan Yang Adil dan beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan, dalam permusyawaratan perwakilan
  5. Keadilan bagi seluruh Rakyat Indonesia

Kelima sila dalam PANCASILA tersebut memiliki arti penting untuk Indonesia yang mana dapat dipahami dalam penjelasan berikut.

Gambar garuda Pancasila Indonesia raya

I. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa

Peranan Pancasila sebagai falsafah pandangan hidup bangsa pada hakikatnya merupakan cerminan nilai-nilai dasar Pancasila.

Pancasila memiliki kekuatan yang mengikat secara hukum pada seluruh tatanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta sebagai pandangan bangsa Indonesia yang berasal dari nilai-nilai sebagai suatu corak dari kehidupan social budaya yang luhur.

Nilai-nilai luhur tersebut telah mengakar dalam kehidupan warga negara Indonesia menjadi suatu pegangan untuk mencapai suatu tujuan kehidupannya sebagai suatu pandangan hidup bangsa.

II. Pancasila sebagai dasar negara

Makna Pancasila Sebagai Dasar Negara ialah Pancasila berperan sebagai landasan dan dasar bagi pelaksanaan pemerintahan, membentukan peraturan, dan mengatur penyelenggaraan negara.
Fungsi Pancasila sebagai dasar negara :
  1. Jiwa bangsa
  2. Sumber hukum
  3. Kepribadian bangsa
  4. Cita-cita bangsa

III. Pancasila sebagai kepribadian bangsa

Pancasila sebagai Kepribadian Bangsa Indonesia adalah perwujudan dari nilai-nilai budaya milik bangsa Indonesia sendiri yang di yakini kebaikan dan kebenarannya.

Pancasila digali dari budaya bangsa sendiri yang sudah ada, tumbuh, dan berkembang berabad - abad lamanya. Oleh karena itu, pancasila adalah Pribadi bangsa Indonesia itu sendiri. Yang hanya dimiliki oleh bangsa Indonesia sejak keberadaannya sebagai sebuah bangsa.

IV. Pancasila Sebagai Pemersatu Bangsa

Bangsa Indonesia dengan beraneka ragam suku agama dan ras memerlukan tali pengikat untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan agar tercipta kehidupan yang harmonis di antara warga masyarakat.

Tali pengikat itu adalah cita-cita, pandangan hidup yang dianggap ideal, dan sesuai dengan falsafah bangsa.
 Pancasila dianggap sebagai alat pemersatu karena berisi cita-cita dan gambaran tentang nilai-nilai ideal yang akan diwujudkan bangsa ini. Pancasila melandasi semua kehidupan kenegaraan, berbangsa, dan bermasyarakat, oleh karena itu fungsi dan kedudukannya adalah sebagai alat pemersatu bangsa, untuk menyatukan semua perbedaan yang ada di Indonesia.

V. Pancasila sebagai perjanjian luhur rakyat

Pancasila sebagai perjanjian luhur bangsa Indonesia. PPKI yang merupakan penjelmaan atau wakil-wakil seluruh rakyat Indonesia yang mengesahkan perjanjian luhur itu untuk membela Pancasila untuk selama-lamanya.

Dilihat dari sejarah sebelumnya bangsa indonesia mempunyai 3 fase sumpah perjanjian luhur yang diawali :
  1. Fase kerajaan ( Majapahit )
  2. Zaman pegerakan kemerdekaan ( BPUPKI )
  3. Zaman kemerdekaan ( PPKI )

VI. Pancasila sebagai ideologi bangsa

Pancasila merupakan konsep yang dijadikan pegangan untuk mencapai suatu tujuan  bangsa, dalam kehidupan berbangsa dan negara.

1. Ideologi Persatuan
Fungsi Pancasila sebagai sarana agar bangsa Indonesia tetap bersatu dan tidak terpecah belah sangatlah penting.

2. Ideologi Terbuka
“Terbuka” yang dimaksud disini bukanlah mengubah pancasila, namun mengarahkan penerapan nilai – nilai pancasila menjadi lebih mapan dan sesuai dengan perkembangan zaman.

3. Ideologi pembangunan
pancasila memiliki kemampuan untuk menjadi ideologi agar bangsa Indonesia dapat berkembang seutuhnya.

Itulah arti penting pancasila untuk Indonesia seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Label: , ,