Daftar Kekayaan Alam Indonesia Yang Membuat Ngiler Negara Lain

Daftar Kekayaan alam Indonesia terbukti sangat melimpah ruah, itulah mengapa banyak Negara-negara lain ngiler dan ingin bekerjasama dengan Indonesia agar nantinya memperoleh keuntungan dan menikmati atas limpahan kekayaan alam Indonesia yang sangat menggiurkan itu.

Indonesia memang menjadi Negara yang unik dan memiliki banyak keunggulan dibanding Negara lain. Mulai dari bahasa, suku bangsa, budaya, luas wilayah, dan kekayaan alamnya.

Dan berikut ini adalah 14 kekayaan alam Indonesia terbesar di dunia yang tidak banyak dimiliki oleh Negara lain sehingga harus selalu dijaga dan dikelola secara baik dan benar.

Daftar hasil kekayaan alam Indonesia yang terbesar di dunia

Indonesia memiliki Lautan Terluas Di Dunia

Luas wilayah Indonesia yang terdiri dari banyak pulau membuat Indonesia menjadi Negara yang memiliki lautan terluas di dunia. Ini tentu menjadi berkah bagi bangsa ini dan harus benar-benar dikelola secara tepat.
Dengan luas lautan sebesar itu membuat Indonesia juga memiliki spesies ikan terbanyak di dunia yang mana ini tidak dimiliki negara lain. Selain itu, Indonesia juga memiliki letak yang sangat strategis karena diapit oleh dua samudera yaitu samudera hindia dan samudera pasifik.

Tambang Emas Dengan Kualitas Terbaik di Dunia


Indonesia adalah salah satu Negara dengan penghasil emas terbaik di dunia. Lokasinya berada di papua yang saat ini dikelola oleh PT. Freeport yang notabene perusahaan milik Amerika Serikat.
Tambang emas ini lokasinya berada di Papua, Indonesia. Dengan Produksi emas di 2011 mencapai 1.444.000 ons atau 40.936 kg. Luas area tambang yaitu 527.400 hektar dan dikelola oleh penambang Freeport-McMoRan Copper & Gold. Sedangkan jenis tambang yang dilakukan yaitu terbuka dan bawah tanah.

Penghasil Batu Bara Terbesar Di Dunia

Selanjutnya Indonesia memegang rekor sebagai negera dengan penghasil Batu Bara terbesar di dunia.
Batubara yang juga tak kalah berharganya di dunia ini, ternyata tempat terbesarnya juga berasal dari Indonesia . Dari berbagai media internasional menyebutkan bahwa di Indonesia lah yang mempunyai sumber tambang batu bara terbesar di dunia. Kita patut bersyukur potensi sudah dikelola oleh PT. Bukit Asam.

Cadangan Gas Alam Terbesar Di Dunia

Indonesia adalah Negara yang memiliki cadangan gas alam terbesar di dunia hingga saat ini. ini tentu berkah dan harus dikelola dengan sebaik-baiknya.

Cadangan Gas Alam Indonesia tersebut antara lain berada di Blok Natuna dan Blok Cepu yang menghasilkan sekitar 200 kaki kubik minyak bumi dan gas alam. Yang ironis adalah dua blok tersebut lagi-lagi yang paling banyak menikmati adalah bangsa lain, karena pengelolanya adalah Exxon Mobil.

Kabar baiknya adalah PERTAMINA yang merupakan Perusahaan BUMN yaitu milik Negera saat ini sudah mulai bersaing di pasar global.



Tanah Tersubur Di Dunia

Indonesia selain memiliki luas wilayah yang besar, Tanahnya juga sangat subur. Dan bahkan kesuburan tanahnya terbaik di dunia. Hampir semua lahan di Indonesia bisa ditanami tanaman apapun. Tetapi kenyataanya Indonesia masih mengimpor beras dari luar negeri, dan juga Malaysia yang luas wilayahnya gak ada separoh dari Indonesia masih jadi raja Kelapa Sawit dunia, Bahkan Negara kecil seperti Swiss dan Brazil yang tingkat kesuburan tanahnya jauh dibawah Indonesia mampu menjadi Rajanya Coklat dan Kopi dunia.

Ini PR Kita bersama, dan pemerintah harus serius mengatasi masalah ini agar kekayaan Indonesia yang melimpah ruah ini dapat dinikmati oleh rakyatnya.

Hutan Tropis Indonesia terbesar di dunia

Pusat paru-paru dunia, itulah sebutan untuk Indonesia karena memiliki hutan terluas di dunia.
Wilayah Hutan di Indonesia sangatlah luas sebagian besar terletak di pulau sumatra, kalimantan dan sulawesi.
Keadaan tersebut membuat bumi ini sangat tergantung pada hutan tropis di Indonesia untuk menjaga keseimbangan iklim. Ini karena hutan hujan amazon tak cukup kuat untuk menyeimbangkan iklim bumi.
Indonesia memiliki Obyek wisata unik terbanyak dan terbesar di dunia.

Besarnya Luas wilayah baik darat maupun lautan di Indonesia yang didukung oleh kondisi geografis membuat Indonesia memiliki tempat-tempat wisata unik dengan jumlah yang sangat banyak.
Ada banyak sekali tempat wisata eksotis yang ada, mulai dari wisata sejarah, wisata budaya, wisata alam, flora dan fauna, dan banyak pantai yang luas dan menawan. Bahkan beberapa diantara masuk sebagai keajaiban dunia seperti Candi Borobudur dan Pulau Komodo. Dan juga Pulau bali menjadi salah satu pulau wisata terbaik di dunia.

Baca juga [Daftar Rekor Indonesia Yang Membuat Negara Lain Iri]

Negara kepulauan terbesar di dunia

Republik Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau (termasuk 9.634 pulau yang belum diberi nama dan 6.000 pulau yang tidak berpenghuni).

Pulau terbesar Di Dunia

Setidaknya Indonesia memiliki 3 dari 6 pulau terbesar didunia, yaitu : Kalimantan (pulau terbesar ketiga di dunia dgn luas 539.460 km2), Sumatera (473.606 km2) dan Papua (421.981 km2).

Anggrek Terbesar Di Dunia

Di Indonesia terdapat Biodiversity yaitu Anggrek terbeser didunia : 6 ribu jenis anggrek, mulai dari yang terbesar (Anggrek Macan atau Grammatophyllum Speciosum) sampai yang terkecil (Taeniophyllum, yang tidak berdaun), termasuk Anggrek Hitam yang langka dan hanya terdapat di Papua.

Rafflesia Terbesar Di Dunia

Rafflesia Arnoldi yang tumbuh di Sumatera adalah bunga terbesar di dunia. Ketika bunganya mekar, diameternya mencapai 1 meter.

Negara Pengeksport kayu lapis terbesar dunia

Indonesia adalah pengekspor terbesar kayu lapis (plywood), yaitu sekitar 80% di pasar dunia.

Hutan Bakau terbesar Di Dunia

Indonesia Memiliki hutan bakau terbesar di dunia. Tanaman ini bermanfaat ntuk mencegah pengikisan air laut / abrasi.

Terumbu Karang Terbanyak Dan Terbaik Di Dunia

Indonesia juga merupakan Negara dengan jumlah terumbu karang terbanyak dan terbaik di dunia. Terumbu Karang (Coral Reef) Indonesia adalah yang terkaya (18% dari total dunia).

Spesies Hiu Terbanyak Di Dunia

Luas lautan Indonesia ternyata juga dihuni oleh banyak Ikan Hiu. Bakhan Indonesia memiliki species ikan hiu terbanyak didunia yaitu 150 species.

Dari daftar kekayaan alam Indonesia yang begitu banyaknya rasanya sangat memalukan sekali jika melihat kenyataan yang ada. Bahkan ini membuat kita marah besar karena kenyataanya masih banyak rakyat Indonesia yang hidup dibawah garis kemiskinan, masih banyak pengangguran, masih banyak anak yang putus sekolah, masih banyak rakyat yang tidak mampu berbat, infrastruktur sangat buruk, pembangunan tidak merata, fasilitas olahraga yang sangat minim dan buruk sekali, Negara banyak memiliki hutang, dan masih banyak kenyataan miris lainya yang seakan menegaskan bahwa Indonesia adalah Negara maaf B*doh dan pemalas, Negara kaya namun menderita, Negara merdeka namun kenyataanya rakyatnya masih sengsara.
Namun bangsa ini harus tetap yakin dan Optimis. Jangan pesimis, masih ada waktu untuk berbenah. Yakin bahwa nanti saatnya Indonesia akan benar-benar jaya dan menguasai dunia.

Label: , ,