10 Negara Kuat Yang Punya Pangkalan Militer Di Negara Lain

Pojokmedia.com; Negara besar adalah Negara yang kuat dari segi ekonomi dan keamanannya. Lihat saja Amerika dan China yang memiliki ekonomi yang maju dan militer yang kuat. Angaran pertahanan kedua Negara ini juga sangat besar sehingga mampu meningkatkan kekuatan militernya bahkan sampai membangun pangakalan diluar negeri untuk menjaga keamanan baik didalam negerinya dan untuk kepentingan lainya.

Kemapanan ekonomi saja tidak cukup untuk membuat suatu Negara menjadi adidaya, harus diimbangi dengan penguatan pertahanan juga. Mungkin Brunei, SIngapura adalah Negara yang memiliki ekonomi kuat, namun tidak dengan militernya. Kedua negera tetangga tersebut masih kalah jauh dengan Indonesia yang mulai membangun kekuatan militernya secara pelan tapi pasti.

Saat ini militer terkuat di dunia masih diduduki oleh Negara-negara maju seperti Amerika, China, dan Rusia. Ketiga Negara ini terus melakukan ekspansi militernya dengan membangun pangkalan diluar negeri. Bahkan negera tersebut rela mengeluarkan dana yang tidak sedikit.

Lihat saja, bagaimana negara superpower seperti Amerika Serikat (AS) menggelontorkan dana sebesar US$ 596 miliar untuk belanja militer. Data tersebut dipublikasikan oleh Stockholm International Peace Research Institute (Sipri).

Berada di posisi kedua adalah Tiongkok di mana anggaran militer mereka tak hanya tercatat sebagai yang terbesar di Asia, namun juga terbesar kedua di dunia, yakni US$ 215 miliar.

Anggaran militer yang fantastis tersebut tidak hanya digunakan untuk menghidupkan industri pertahanan dalam negeri dan memperkuat persenjataan, namun juga membangun pangkalan militer baik di dalam maupun luar negeri.

Pembangunan pangkalan militer di luar negeri memungkinkan sebuah negara untuk memproyeksikan kekuatannya misalnya melalui ekspedisi militer. Dengan demikian negara yang bersangkutan dapat memengaruhi percaturan politik global.

Tergantung pada ukuran dan infrastruktur yang tersedia, sebuah pangkalan militer dapat dimanfaatkan sebagai 'panggung' atau kebutuhan logistik, komunikasi, dan dukungan intelijen.

Sepanjang sejarah konflik modern, pangkalan militer di luar negeri yang dimiliki sejumlah kekuatan dunia telah melayani kepentingan negara mereka dalam mencapai tujuan politik dan militer.

Dan berikut ini adalah 10 negara yang kuat yang memiliki pangkalan militer di luar negeri:

1. Amerika Serikat (AS)


Meski belum lama ini AS dilaporkan telah menutup sejumlah pangkalan militernya di Irak dan Afghanistan, namun Negeri Paman Sam masih tercatat sebagai negara yang memiliki basis militer terbanyak dan terbesar di dunia. Terdapat sekitar 800 pangkalan militer di lebih dari 70 negara atau teritori yang dimiliki AS.

Pangkalan Militer AS di Darwin - Australia

AS juga memiliki pangkalan militer yang tersebar di neggara-negara eropa, Asia, dan Afrika.

2. Inggris

Denah lokasi pangkalan militer Inggris di negara lain

Inggris yang menjadi sekutu AS juga memiliki sejumlah pangkalan militer yang tersebar di beberapa titik di antaranya di Pulau Ascension, Bahrain, Belize, Bermuda, Brunei Darussalam, Kanada, Siprus, Kepulauan Falkland, Jerman, Gibraltar, Kenya, Monserrat, Nepal, Singapura, dan Qatar.

3. Prancis

Negara yang saat ini dipimpin oleh Presiden Francois Hollande ini memiliki belasan pangkalan militer di beberapa negara seperti Gabon, Senegal, Uni Emirat Arab, Djibouti, Pantai Gading, dan Jerman.

Sementara sejumlah basis militer lainnya ditempatkan di teritori Prancis seperti Guyana Prancis, Polinesia Prancis, Martinique, Kaledonia Baru, serta Reunion and Mayotte.

4. Rusia

Rusia yang saat ini tengah bersitegang dengan AS memiliki sejumlah pangkalan militer yang sebagian besar tersebar di negara-negara pecahan Uni Soviet seperti Georgia, Kazahkstan, Kirgiztan, Tajikistan, Ukraina, Moldova, Belarus, dan Armenia.

Lokasi 6 titik pangkalan Militer Rusia terbaru

Ada pun negara lain yang menjadi basis militer Rusia adalah Vietnam dan Suriah.

5. India

Negara yang menjadi kekuatan ekonomi baru dunia, India, tercatat pula memiliki sejumlah basis militer di luar negeri yang antara lain berada di Tajikistan, Bhutan, Seychelles, Madagaskar, Maladewa, dan Mauritius.

6. Italia

Negara yang menjadi asal makanan pasta, Italia, juga memiliki pangkalan luar negeri di dua negara, yaitu, Uni Emirat Arab dan Djibouti.

7. Jerman

Negeri pimpinan Kanselir Angela Merkel ini diketahui hanya memiliki satu pangkalan militer, yakni di Djibouti.

8. China

Pada 2015, China mulai membangun pangkalan militer pertamanya di luar negeri, yakni di Djibouti, sebuah negara kecil di Afrika Timur di tepian Laut Merah.

Lokasi Pangkalan militer China di Laut China Selatan

Letaknya hanya sekitar 8 mil dari pangkalan militer terbesar Amerika Serikat di Afrika. Prancis, Italia, dan Jepang juga telah membangun kekuatan militer di sana. Sementara, negara kelima, Arab Saudi juga belakangan bergabung di sana.

Mengapa negara-negara besar di dunia tertarik membangun pangkalan militer di Djibouti? Seperti dikutip dari BBC, Djibouti terletak di Semenanjung Bab el-Mandeb, gerbang ke Terusan Suez. Wilayah itu merupakan rute perdagangan yang sangat penting untuk ekonomi dunia.

Djibouti relatif dekat dengan sejumlah wilayah bergolak di Afrika dan Timur Tengah -- hal itu yang membuatnya signifikan sebagai pangkalan bagi negara-negara yang digdaya dalam hal militer.

9. Jepang

Pada 2011, Jepang juga membangun pangkalan militer di Djibouti. Negeri kekaisaran tertua di dunia itu hanya memiliki satu basis militer di luar negeri.

10. Turki

Negara yang 'terbelah' di antara benua Asia dan Eropa memiliki pangkalan militer di empat negara, yakni Siprus, Qatar, Irak, dan Somalia.

Sumber : http://global.liputan6.com

Label: