Amerika Kirim 30 Unit F-16 Block 52 Untuk Indonesia

TNI AU dapat tambahan Alutsista baru berupa pesawat F-16 dari Amerika Serikat. Ini jelas akan menambah kekuatan baru di tubuh TNI khususnya Angkatan Udara Republik Indonesia.

Saat ini bulan Maret 2017 telah berlangsung Pengiriman lanjutan 3 unit F-16C dan 1 unit F-16D dari Hill AFB, Utah menuju Indonesia. TS-1627,TS-1637,TS-1639 dan TS-1622. Pesawat tempur akan diterbangkan secara ferry flight menuju Indonesia. Dalam penerbangan tersebut, pilot TNI AU akan menemani pilot Amerika Serikat.

Lima unit Jet Tempur F-16 Block 52ID yang akan datang tersebut merupakan bagian dari program “Peace Bima Sena II” dalam kontrak FMS LOA ID-D-SAL yang disepakati Pemerintah Indonesia dan Amerika Serikat dengan total pesawat tempur yang diberikan mencapai 30 unit berikut “follow on support”.

Sesuai kesepakatan, dari 30 unit pesawat tersebut, 24 unit pesawat di antaranya dilakukan “up grade” untuk diterbangkan, 4 unit pesawat untuk keperluan percepatan “up grade”, dan dua unit lainnya untuk mendukung hal yang sama. 24 unit pesawat tersebut telah diperbarui struktur dan rangkanya, perangkat avionika, dan sistem pendukung persenjataannya sehingga diharapkan setara dengan F-16 Block 52.

Pesawat tempur F-16 Block 52 Terbaru TNI AU Indonesia

F16 merupakan salah satu jet tempur yang sudah terbukti kehebatanya dalam melakukan misi penyerbuan ke sasaran pada daerah musuh. Banyak Negara yang sudah memakainya termasuk Amerika Sendiri.

Baca juga Perbandingan AU Indonesia vs AU Malaysia

Untuk itu diharapkan tambahan F16 ini mampu menjadikan TNI AU semakin kuat dengan banyak varian pesawat yang dimilikinya.

Label: