DENHARIN - Pasukan Khusus Rahasia Yang Dimiliki Indonesia

Denharin (Dentasemen Harimau) merupakan salah satu pasukan khusus yang dimiliki Indonesia. Namun berbeda dengan pasukan Elite lainya yang banyak diketahui oleh media, Denharin sifatnya sangat rahasia dan tidak banyak yang mengetahui secara pastai tentang pasukan khusus denharin. Berapa jumlah personilnya, dan senjata apa yang dipakai, dan apa misinya. Namun yang jelas Denharin disebut-sebut sebagai rajanya dari pasukan khusus yang dimiliki Indonesia. Jika benar jelas bahwa Dentasemen Khusus Harimau ini memiliki skill dan kemampuan tempur yang sangat mengerikan.

Indonesia merupakan Negara yang militernya memiliki banyak pasukan khusus, semua pasukan khusus tersebut dididik agar memiliki kemampuan yang diatas rata-rata pasukan biasa. Sebut saja misalnya yang sudah terkenal di dunia yaitu Kopassus, Denjaka, Pasukan katak, dan juga Densus 88 milik Polri.

Gambar ilustrasi Pasukan Elite Indonesia,

Ilustrasi Pasukan Elite Khusus Indonesia

Nah satu lagi Pasukan Elite Khusus Indonesia yang tidak banyak diketahui karena suatu alasan dan tujuan, Pasukan ini sangat dirahasiakan. Namanya adalah Dentasemen Khusus Harimau (Denharin).


Bukti adanya Dentasemen Khusus Harimau

Banyak desas-desus tentang adanya Denharin sebagai pasukan khusus paling elite di Indonesia dikatakan sebagai hoax belaka. Banyak yang meragukan karena tidak ada bukti yang menunjukkan adanya eksistensi dari Dentasemen Harimau yang dikenal sangat hebat. Meski demikian, tak sedikit pula yang meyakini bahwa pasukan ini benar-benar ada dan konon dibentuk pada tahun 1986.

Lambang dan logo pasukan dentasemen khusus Harimau

Orang yang membentuk pasukan khusus ini adalah Jenderal L.B. Moerdhani dua tahun sebelum menjabat Panglima TNI. Pasukan yang dibentuk ini menampung prajurit hebat dari lingkungan TNI AD, AL, AU, dan POLRI. Semuanya diseleksi ketat agar menghasilkan pasukan yang benar-benar mematikan.

Tugas Pokok Denharin


Dentasemen Harimau memiliki tugas khusus untuk menanggulangi teror-teror yang masuk ke Indonesia. Pasukan ini juga mengawal Presiden meski tidak terafiliasi dengan Paspampres yang sudah sangat terkenal itu. Den Harin dipersiapkan untuk misi lapangan rahasia yang menuntut kemampuan bertarung tingkat tinggi yang tak dimiliki oleh semua pasukan TNI dan POLRI.

Misi utama dari Den Harin adalah melindungi NKRI secara menyeluruh tanpa terkecuali. Jika ada isu serangan, tindakan makar, dan hal-hal negatif lainnya, Den Harin akan datang secara diam-diam dan meringkusnya. Kemampuan perang dari Den Harin mungkin setingkat dengan pasukan pembunuh milik Amerika bernama Phoenix Raven.

Kemampuan Yang Harus Dimiliki Denharin



Ada dua kemampuan yang harus dimiliki oleh anggota Den Harin. Pertama adalah kemampuan kombatan atau bertarung dan yang kedua adalah nonkombatan. Seorang anggota Den Harin harus mampu bertarung dengan sangat gesit, cekatan dan juga cerdas. Terpenting lagi mereka harus memiliki sikap pemberani dan memiliki loyalitas tinggi pada NKRI.

Aksi  pasukan khusus RI

Ilustrasi aksi pasukan Khusus RI

Kemampuan nonkombatan yang harus dimiliki oleh anggota Den Harin adalah memahami permasalahan sosial, budaya, ekonomi, energi, sains, teknologi, dan bidang lain yang berhubungan dengan negara. Intinya, pasukan ini haruslah seorang yang genius dan memiliki kemampuan hebat dalam bertarung.

Anggota Denharin dan Penyokong Dana


Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa pasukan ini sangatlah rahasia. Tak ada yang tahu siapa anggotanya secara resmi. Namun, dari sebuah data yang beredar, anggota dari Den Harin memiliki code name yang berbeda-beda. Misal anggota dari Angkatan Darat ada yang bernama Puma dan Tiger. Sementara itu anggota dari POLRI bernama Phyton dan Viper.

Pasukan khusus ini mendapatkan sokongan dana dari Pemerintah Indonesia melalui TNI, Anggaran pribadi Presiden Soeharto yang saat itu masih menjabat, dan beberapa Jenderal besar serta konglomerat Tionghoa yang dikenal sangat nasionalis. Semua dana akan dikumpulkan untuk latihan, persenjataan, dan misi-misi penting.

Soal Pembubaran Denharin 

Den Harin akhirnya secara resmi dibubarkan pada tahun 1995. Selama 9 tahun mengabdi pada Indonesia, pasukan elite Indonesia dianggap sudah purnatugas. Pembubaran Den Harin secara tiba-tiba disinyalir karena ada misi untuk penggulingan Presiden Soeharto. Mengetahui hal buruk yang akan mengenainya, presiden memerintahkan pasukan ini dibubarkan.

Jenderal dan mantan Presiden Soeharto

Mantan Presiden ke 2 RI yaitu Jend. Soeharto

Usai bubar, identitas anggota tetap dirahasiakan. Meski demikian, mantan anggota Den Harin masih diberi kebebasan untuk melakukan tindakan-tindakan rahasia hingga melakukan pembunuhan pada terduga pengganggu negara. Pada tahun 1999, satuan ini dikabarkan dibentuk kembali meski tidak diketahui siapa yang melakukannya. Pun maksud dan tujuannya menjadi rahasia.

Benar tidaknya adanya pasukan Dentasemen Khusus Harimau ini tidak banyak yang tahu, namun yang jelas melihat pemberitaan yang ada, pasukan Denharin memiliki kemampuan yang sangat hebat diatas pasukan khusus lainya, baik di darat, laut, dan udara. Pasukan ini juga selalu siap untuk membela NKRI kapanpun dan dimanapun. ANR/PM.

Sumber : boombastis.com

Label: ,