6 Fakta Mengejutkan Seputar Obesitas, Anda Harus Tahu!

6 Fakta seputar Obesitas yang anda harus ketahui - Obesitas menjadi suatu kondisi yang ingin dihindari oleh semua orang. Semua orang tidak menginginkan berat badannya berlebih, dan ini Fakta.

Masalah obesitas selalu menjadi perhatian setiap orang, apalagi para wanita yang selalu ingin tampil cantik dan s*ksi. Gemuk juga tidak disukai oleh mereka yang kerjanya dituntut untuk selalu menjaga keseimbangan berat badan, seperti atlit dan model. ini juga merupakan Fakta.

Gemuk itu hal yang lumrah dan biasa, namun bagaimana dengan gemuk yang berlebihan alias kegemukan alias Obesitas. Obesitas merupakan penyakit kelebihan berat badan. Seseorang tergolong obesitas jika berat badannya melebihi 20 persen atau lebih dari ukuran normal. Berat badan tersebut biasanya dipantau dari BMI (body mass index). Sementara BMI normal berkisar pada angka 25-29,9.

Membahas tentang Obesitas ternyata ada fakta menarik yang anda harus tahu. karenba jika obesitas terjadi keadaan dalam ulasan berikut pasti akan terjadi.

Obesitas menjadi salah satu epidemi masyarakat dunia yang dilaporkan memicu berbagai macam penyakit. Misalnya diabetes, penyakit jantung, hingga kanker. Lalu apa yang menyebabkan Obesitas ini terjadi. mari kita simak fakta-fakta mengejutkan tentang obesitas berikut ini.

Fakta-fakta seputar obesitas
Image:http://dokita.co

1. Konsumsi kalori berlebihan


Makan terlalu banyak dari porsi normal adalah pemicu utama dari obesitas. Ironisnya, meskipun di negara-negara maju dan berkembang banyak orang yang menderita obesitas akibat makan berlebihan, sebenarnya masih banyak pula penduduk dunia di negara-negara miskin yang justru mati karena kelaparan.

2. Kurang tidur

Hubungan antara jadwal tidur dan berat badan memang sudah disebutkan sejak dulu. Sebab jika Anda kurang tidur, hormon dalam tubuh akan membuat nfsu makan semakin bertambah. Kebiasaan kurang tidur pun akhirnya membuat Anda makan berlebihan dan memicu obesitas.

3. Malas bergerak


Kemajuan teknologi juga berperan dalam meningkatnya kasus obesitas. Sebab adanya televisi, komputer, video games, remote control, mesin cuci, dan peralatan canggih lainnya, manusia semakin malas. Mereka lebih suka duduk berjam-jam daripada bergerak aktif untuk menyelesaikan pekerjaan.

Gaya hidup yang membuat gerak manusia tidak maksimal ini pun membuat kalori semakin sulit terbakar. Akibatnya, terjadi penumpukan di dalam tubuh sehingga obesitas pun menyerang orang-orang yang malas bergerak.

4. Obat-obatan

Beberapa obat-obatan memiliki sifat meningkatkan berat badan. Jika Anda juga demikian, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan alternatif pengobatan yang bisa mencegah obesitas.

5. Berhenti merokok

Menurut para ahli dari National Institutes of Health, sebagian orang yang berhenti merokok ternyata juga membuat berat badan semakin bertambah. Sebab rokok sebenarnya menahan nfsu makan.
Namun hal ini bukan berarti Anda harus merokok untuk mencegah obesitas. Sebaliknya, Anda disarankan untuk berhenti merokok dan mengatur pola makan dengan baik agar tidak mengalami obesitas.

6. Kurang Percaya Diri

Saat seseorang mengalami Obesitas, secara tidak langsung akan mengurangi rasa percaya dirinya. Bahkan cenderung mudah stress. Ketika orang sedang stress juga dapat meningkatkan berat badannya karena mungkin dia akan malas ngapa-ngapain dan banyak ngemil.

Dan itulah fakta yang terjadi seputar Obesitas, maka dari sekarang jagalah keseimbangan berat badan dengan melakukan pola hidup sehat.

Label: , ,