Fakta Unik Tentang Tari Piring Dari Minang

asal usul Sejarah tari piring dari Minang Kabau Indonesia
 Image Source: kisahasalusul.blogspot.com

Di Pelajaran sekolah khususnya Mapel Seni Budaya, tentu kalian sudah sering dikenalkan tentang tari piring bukan? Tarian yang satu ini memang memiliki keunikan tersendiri. Tarian yang berasal dari Provinsi Sumatera Barat ini sangat terkenal di Indonesia dan Manca Negara. Nah kali ini akan di uraikan tentang Tari Piring Yang Unik dan Keramat bagi orang-orang Minang.

Tentang Tari Piring


Seperti namanya tari piring adalah tarian dan piring. Yaitu tarian yang menggunakan piring sebagai gaya tarianya piring ini juga sebagai cirri khas serta daya tarik tersendiri dalam tarian ini. Seorang penari amat bergantung kepada piring – piring sebagai alat utama pada tarianya. Tanpa piring di tangan mereka maka tarian tersebut akan terlihat hambar. oleh karena itu banyak orang melihat tari dari sumatera barat ini adalah tari yang unik dan berbeda.

Sejarah Tari Piring


Berbicara tentang sejarah tari piring, tidak ada kepastian tentang tepatnya di temukan tari piring. Namun yang pasti tari ini sudah ada sejak lama  di kepulauan melayu sejak lebih 800 tahun yang lalu. Tarian ini di percayai berasal dari Sumatera Barat atau yang lebih di kenal dengan nama Minang (Minangkabau), dan berkembang hingga ke zaman Sriwijaya.

Kemunculan kerajaan Majapahit pada kurun ke-16, yang telah menjatuhkan kerajaan Sriwijaya telah mendorong perkembangan tari piring ke negeri-negeri melayu bersama penghijrah atau orang-orang pelarian Sriwijaya ketika itu. Berawal dari sinilah Tari Piring ini berkembang luas dan di kenal hingga ke luar minang dan bahkan ke manca Negara.

Asal Usul Penciptaan Tari Piring


Tari Piring mempunyai Sejarah yang unik dan Keramat bagi orang minang yang sangat memegang nilai-nilai budayanya. Tari Piring bisa dibilang terdiri atas “wanita-wanita cantik yang berpakaian indah, serta berjalan dengan lemah lembut penuh kesopanan dan ketertiban ketika membawa piring berisi makanan yang lezat untuk dipersembahkan kepada Dewa-dewa sebagai sajian. Wanita-wanita ini akan menari sambil berjalan, dan dalam masa yang sama menunjukkan kecakapan mereka membawa piring yang berisi makanan tersebut’. Kedatangan Islam telah membawa perubahan kepada kepercayaan dan konsep tarian ini. Tari piring tidak lagi dipersembahkan kepada dewa-dewa, tetapi untuk pertemuan-pertemuan yang dihadiri oleh raja-raja atau para pembesar.

Keindahan dan ke-unik-kan tari piring telah mendorong pada penyebaranya di kalangan rakyat biasa, yaitu pada acara perkawinan. Dalam hal ini, konsep lama masih dipertahankan, yaitu pasangan pengantin masih dianggap sebagai raja yaitu ‘Raja Sehari’ dan layak dipersembahkan Tari Piring di hadapanya ketika bersanding.

Dalam perkembanganya, Tari Piring membawa misi keunikan budaya masyarakat minang yang penuh dengan kelembutan dan keramah tamahan, khususnya kaum wanita-wanita minang yang terkenal cantik dan lembut.

Kini tari piring sudah banyak di kenal oleh masyarakat di luar minang dan bahkan sampai manca Negara. Dan ini menjadi slah satu icon wisata di tanah minang. Banyak turis-turis asing yang datang ke Sumatera Barat khusunya tanah minang untuk mengetahui dan melihat langsung tari piring ini.

Inilah sekelumit tentang sejarah tari piring yang unik dan keramat bagi masyarakat minang. Sebagai bangsa yang besar kita harus terus melestarikan budaya warisan leluhur ini agar tidak punah di telan oleh zaman yang semakin modern ini.

Label: ,