5 Buah Yang Bisa Menggugurkan Kandungan Ibu Hamil

5 buah yang bisa menggugurkan kandungan ini harus dihindari oleh Ibu hamil karena buah-buahan tersebut dapat membahayakan kehamilannya.

Mungkin banyak yang tidak mengira bahwa buah dapat membahayakan bagi kesehatan janin dalam kandungan. Ada beberapa buah yang berbahaya bagi ibu hamil dan harus dihindari untuk meminimalisir terjadinya keguguran.

Sedikitnya ada 5 macam buah yang dapat menggugurkan kandungan si ibu hamil. Buah buah itu adalah:

1. Buah Durian

Mungkin anda tidak mengira jika buah durian berbahaya untuk ibu hamil, Buah dengan rasa yang manis ini tentu sudah tidak asing lagi buat anda. Buah dengan banyak duri di kulitnya dan kalau tua baunya menyengat dan rasanya manis ini adalah jenis buah yang berbahaya bagi ibu hamil.
Durian pun kerap diolah menjadi campuran bahan kue-kue tradisional, seperti gelamai atau jenang. Terkadang, durian dicampurkan dalam hidangan nasi pulut (ketan) bersama dengan santan. Dalam dunia masa kini, durian (atau aromanya) biasa dicampurkan dalam permen, es krim, susu, dan berbagai jenis minuman penyegar lainnya.

Bijinya bisa dimakan sebagai camilan setelah direbus atau dibakar, atau dicampurkan dalam kolak durian. Biji durian yang mentah beracun dan tak dapat dimakan karena mengandung asam lemak siklopropena (cyclopropene). Biji durian mengandung sekitar 27% amilosa. Kuncup daun (pucuk), mahkota bunga, dan buah yang muda dapat dimasak sebagai sayuran.

Beberapa bagian tumbuhan kadang-kadang dimanfaatkan sebagai bahan obat tradisional. Akarnya dimanfaatkan sebagai obat demam. Daunnya, dicampur dengan jeringau (Acorus calamus), digunakan untuk menyembuhkan cantengan (infeksi pada kuku). Kulit buahnya untuk mengobati ruam pada kulit (sakit kurap) dan susah buang air besar (sembelit). Kulit buah ini pun biasa dibakar dan abunya digunakan dalam ramuan untuk melancarkan haid dan menggugurkan kandungan. Abu dan air rendaman abu ini juga digunakan sebagai campuran pewarna tradisional.

Buah-buahan yang dapat mengugurkan kandungan ibu hamil

2. Buah Nanas

Selain buah durian, Nanas juga merupakan jenis buah yang berbahaya bagi Ibu hami dan dapat menyebabkan keguguran, apalagi buah nanas muda. Kandungan yang ada dalam buah nanas dapat menyebabkan kerusakan pada janin yang nantinya tentu mengakibatkan keguguran. Jadi bagi anda yang mungkin lagi hamil hindari makan buah nanas.

3.Kecubung

Kecubung merupakan jenis tanaman obat yang banyak sekali khasiatnya. Namun, kecubung berbahaya bagi ibu hamil. Kecubung merupakan tumbuhan beracun. Bunga dan daun kecubung selain dapat mengobati beberapa penyakit namun juga dapat menimbulkan keguguran bagi ibu hamil. Apalagi hamil muda.

Baca Cara Stop dan Menghentikan Kehamilan

4. Biji Bunga Matahari

Anda jangan kaget, karena Biji bunga matahari yang sering dibuat kwaci merupakan salah satu penyebab keguguran. Kandungan yang ada dalam biji bunga matahari dapat merusak janin yang ada dalam kandungan. Kuaci biji bunga matahari berwarna kehitaman, dan banyak mengandung vitamin B kompleks, vitamin B6, dan vitamin E.  Komponen paling dominan pada minyak biji bunga matahari adalah asam lemak tak jenuh (88%), antara 44% hingga 72% adalah asam linoleat. Kadar protein kuaci semangka dan biji bunga matahari masing-masing 28,3 g/100 g dan 22,8 g/100 g.  Kadar lemak pada kuaci biji semangka 47,4 g/100 g dan biji bunga matahari 49,6 g/100 g.

5. Buah Pepaya ( Carica Pepaya)

Mungkin sebelumnya anda tak pernah mengira jika pepaya dapat menggugurkan kandungan, Pepaya merupakan jenis buah yang sering digunakan sebagai sayur ketika masih muda, dimakan begitu saja kalau sudah tua atau dibikin juice atau es buah. Pepaya yang matang rasanya manis dan dagingnya empuk. namun, ternyata dibalik rasanya manis dan empuk buah pepaya juga merupakan jenis buah yang berbahaya bagi Ibu Hamil. Walau buah pepaya merupakan buah yang dapat melancarkan air ASI ibu. Namun, pepaya muda dapat menyebabkan kerusakan pada ari-ari janin dan fatalnya bisa keguguran.

Semua Ibu hamil sebaiknya berhati-hati dengan ke 5 jenis buah diatas. walau tingkat keakuratanya belum bisa dipastikan, namun kandungan bahan yang ada dalam buah-buahan tersebut dapat membahayakan kandungan.

Namun untuk lebih meyakinkan anda, sebaiknya anda konsultasi dan bertanya pada dokter spesialis kandungan agar nanti anda juga ragu lagi memilih mana buah yang bagus dan buah yang berbahaya untuk kandungan.

Label: ,